Masih Menggunakan Obat Nyamuk Bakar? Sayangi Kesehatan Anda! | KoalisiIndonesiaBebasTar

01 February 2019

Masih Menggunakan Obat Nyamuk Bakar? Sayangi Kesehatan Anda!

Obat nyamuk bakar menghasilkan debu atau asap yang melampaui batas standar pedoman kualitas udara sehat sehingga risiko yang ditimbulkan tidak baik untuk kesehatan. Sebagai sebuah perbandingan, membakar satu obat nyamuk bakar menghasilkan particulate matter (PM) 2,5 yang banyaknya sama dengan menyalakan 75 batang rokok. PM 2,5 adalah partikel-partikel polusi halus berbentuk zat padat atau cair di dalam udara yang dapat masuk ke dalam paru-paru hingga darah. Partikel polusi inilah yang dapat menyebabkan masalah pada paru-paru dan jantung, seperti asma dan kanker paru-paru. Risiko kesehatan yang ditimbulkan sangat rentan pada bayi, anak-anak, dan lansia. Perlu diperhatikan bahwa masalah kesehatan yang ditimbulkan paparan asap obat nyamuk bakar tidak bersifat langsung tetapi tergantung pada seberapa lama dan seberapa banyak paparan asap dari obat nyamuk bakar tersebut.

Obat nyamuk bakar juga dapat menghasilkan zat formaldehida (formalin). Jika dibandingkan dengan rokok, kandungan formalin dari satu obat nyamuk bakar setara dengan 51 batang rokok. Zat formaldehida jika terus menerus dihirup dapat membuat kita merasa mual, batuk, sakit tenggorokan, iritasi kulit, dan mata berair. Orang yang memiliki penyakit seperti bronkitis dan asma akan lebih sensitif terhadap formaldehida karena zat ini dapat mengiritasi saluran pernapasan. Obat nyamuk bakar pada umumnya menghasilkan 0,5 sampai 7,5 mg zat formaldehida selama 1 jam. Tingkat paparan formaldehida dalam jangka panjang diduga dapat menyebabkan beberapa jenis kanker.

Lalu bagaimana kita dapat mengurangi risiko dari paparan terhadap obat nyamuk bakar? Hal yang paling utama adalah memastikan ventilasi udara atau pertukaran udara yang baik agar dapat meminimalisir paparan zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam asap hasil pembakarannya. Selain itu, ada beberapa tips lainnya yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko kesehatan yang ditimbulkan, sebagai berikut:

  • Jika sedang membakar obat nyamuk bakar, jangan berada  di dalam ruangan tersebut.
  • Jika Anda harus memasuki atau menggunakan ruangan, segera matikan obat nyamuk bakar dan buka jendela agar terjadi pertukaran udara.
  • Disarankan untuk menaruh obat nyamuk bakar di pintu ruangan atau di luar jendela agar pertukaran udara lebih mudah terjadi.
  • Jauhkan obat nyamuk bakar dari jangkauan anak-anak atau benda yang mudah terbakar.

Obat nyamuk bakar memang dapat mengusir nyamuk. Dengan harga yang relatif murah dan kemudahan penggunaannya, tidak heran banyak orang menggunakannya secara rutin. Tetapi, setelah mengetahui risiko kesehatan yang ditimbulkan dari paparan asap pembakarannya, mari kita lebih berhati-hati agar kesehatan kita dan orang-orang di sekitar kita tetap terjaga. 

Share