Left arrow Kembali

Pelajari Berbagai Dampak Asap Rokok Terhadap Kesehatan

Asap rokok dihasilkan dari proses pembakaran rokok dan menghasilkan lebih dari 7.000 zat kimia berbahaya, termasuk TAR yang bersifat karsinogenik atau dapat memicu kanker serta merupakan penyebab utama banyak penyakit berbahaya terkait kebiasaan merokok. Oleh karena itu, asap rokok memiliki profil risiko yang tinggi bagi para perokok. Mari kita bahas secara lebih lanjut mengenai dampak asap rokok terhadap kesehatan perokok dan cara untuk mengurangi risikonya di artikel ini.

Asap rokok dihasilkan dari proses pembakaran rokok dan menghasilkan lebih dari 7.000 zat kimia berbahaya, termasuk TAR yang bersifat karsinogenik atau dapat memicu kanker serta merupakan penyebab utama banyak penyakit berbahaya terkait kebiasaan merokok. Oleh karena itu, asap rokok memiliki profil risiko yang tinggi bagi para perokok. Mari kita bahas secara lebih lanjut mengenai dampak asap rokok terhadap kesehatan perokok dan cara untuk mengurangi risikonya di artikel ini.

 

Apa itu TAR?

 

percikan-api-background-hitam

 

TAR merupakan zat kimia berbahaya bersifat karsinogenik yang dapat ditemukan dalam asap hasil pembakaran rokok. Paparan TAR dalam asap rokok dapat meningkatkan risiko untuk mengidap berbagai penyakit berbahaya yang berkaitan dengan kebiasaan merokok.

Selain itu, TAR juga dapat menempel di tubuh, rambut, pakaian, dan benda-benda lainnya bersama dengan residu asap rokok. Jadi, TAR tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif dan orang-orang di sekitarnya, tapi TAR tetap ada dan berbahaya bahkan setelah rokok dimatikan.

Berbagai Cara Pemaparan TAR

 

pria-diluar-memakai-masker-batuk

 

Paparan TAR bisa terjadi melalui berbagai cara, yaitu:

 

First-Hand Smoke atau Melalui Perokok Aktif

 

ilustrasi-asbak-berasap

 

Rokok yang sedang dibakar oleh perokok aktif akan menghasilkan asap yang mengandung TAR. Oleh karena itu, perokok aktif dapat terpapar TAR secara langsung sehingga mereka berpotensi untuk terkena berbagai risiko yang berbahaya bagi tubuh mereka.

Second-Hand Smoke atau Melalui Perokok Pasif

 

pria-terpapar-asap

 

Perokok pasif atau orang-orang yang berada di sekitar perokok juga berpotensi terpapar asap rokok yang mengandung TAR karena ikut mengisap asap rokok yang dihembuskan oleh para perokok aktif. 

Paparan asap rokok yang mengandung TAR dan dihirup oleh perokok pasif tersebut juga berpotensi meningkatkan risiko para perokok pasif untuk terkena berbagai penyakit berbahaya terkait kebiasaan merokok.

 

Third-hand Smoke

 

pria-baju-putih-background-kuning

 

Third-Hand Smoke adalah asap rokok dan berbagai zat berbahaya yang terkandung di dalamnya yang tertinggal di permukaan benda-benda yang berada di sekitar perokok ketika rokok selesai dimatikan. Residu asap rokok dan TAR ini dapat bereaksi dengan polutan yang berada di dalam ruangan dan tercampur sehingga menimbulkan risiko kesehatan bagi orang-orang yang berada di lokasi tersebut.

 

Penyakit Berbahaya Terkait Kebiasaan Merokok

 

ilustrasi-paru-hitam-putih

 

Ketika dibakar, rokok menghasilkan ribuan zat kimia berbahaya, termasuk TAR. TAR yang terhirup dapat mengendap di paru-paru dan memicu berbagai risiko kesehatan.

Dilansir dari situs resmi badan utama pemerintah federal untuk penelitian dan pelatihan kanker Amerika Serikat, National Cancer Institute, TAR adalah zat kimia yang dihasilkan saat tembakau dibakar. TAR merupakan penyebab utama kanker dan dapat memicu peningkatan risiko berbagai penyakit berbahaya terkait kebiasaan merokok.

Saat asap rokok dihirup, TAR dapat membentuk lapisan lengket di bagian dalam paru-paru. Hal ini merusak paru-paru dan dapat menyebabkan penyakit berbahaya terkait kebiasaan merokok.

 

Bahaya Asap Rokok Terhadap Lingkungan

 

pria-memakai-masker-memegang-wajah-terpapar-asap

 

Selain bagi kesehatan, asap rokok juga menimbulkan dampak negatif ke lingkungan sekitar, termasuk bagi kualitas udara di sekitar perokok pasif.

 

Asap Rokok Hilang Tapi Menempel ke Benda Sekitar?

 

ruangan-berwarna-abu-sofa-meje-danpartikel-tar

 

Setelah rokok dimatikan, kelihatannya asap rokok telah menghilang di udara. Namun, kenyataannya residu dan paparan TAR dari asap rokok itu tetap ada dan menempel ke berbagai benda di sekitar perokok, termasuk di rambut dan pakaian. Residu dan paparan TAR ini memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh apabila terhirup oleh orang-orang yang berada di tempat tersebut.

Oleh karena itu, bagi perokok dewasa, disarankan untuk melakukan kegiatan merokok di tempat khusus merokok agar tidak mengganggu orang-orang di sekitar perokok atau lingkungan sekitar.

 

Cara Terbaik Mengurangi Paparan Asap Rokok

 

pria-duduk-di-sofa-dengan-laptop-bermain-handphone

 

Cara terbaik untuk mengurangi risiko dari asap rokok adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok sepenuhnya. Tetapi, jika sulit dilakukan, perokok dewasa dapat menerapkan pendekatan pengurangan bahaya tembakau. Yuk pelajari mengenai pengurangan bahaya tembakau bersama KABAR!

 

Mengurangi Paparan TAR dengan Pendekatan Pengurangan Bahaya Tembakau

 

illustrasi-produk-tembakau-alternatif-background-putih

 

Pengurangan bahaya tembakau merupakan cabang dari konsep besar pengurangan bahaya. Konsep pengurangan bahaya ini mengacu pada strategi dan program untuk mengurangi risiko terhadap diri dan orang-orang di sekitar dari kebiasaan tertentu, terutama apabila berhenti sepenuhnya sulit dilakukan.

Pengurangan bahaya tembakau fokus kepada strategi untuk mengurangi bahaya terkait kebiasaan merokok. Strategi utama untuk mengurangi bahaya rokok adalah dengan berhenti merokok. Namun, banyak perokok yang kesulitan untuk menghentikan kebiasaan mereka. Bagi perokok yang menghadapi kesulitan ini, salah satu bentuk penerapan konsep pengurangan bahaya tembakau yang bisa dilakukan adalah beralih ke produk tembakau alternatif yang memiliki risiko lebih rendah daripada rokok.

Mengapa produk tembakau alternatif memiliki risiko yang lebih rendah daripada rokok? Produk tembakau alternatif, seperti vape atau rokok elektronik dan produk tembakau yang dipanaskan tidak melalui proses pembakaran sehingga tidak menghasilkan asap yang mengandung TAR. 

Dengan menggunakan produk tembakau alternatif, para perokok dapat mengurangi paparan mereka terhadap zat-zat berbahaya yang dihasilkan oleh pembakaran tembakau, termasuk TAR. Ini tidak hanya bermanfaat bagi perokok itu sendiri tetapi juga bagi orang-orang di sekitarnya yang dapat terkena dampak dari asap rokok pasif. Produk tembakau alternatif memberikan alternatif yang lebih rendah risiko dalam upaya mengurangi dampak kesehatan negatif yang disebabkan oleh merokok.

 

Rokok Elektronik/Vape

 

illustrasi-perangkat-vape-background-putih

 

Rokok elektronik atau yang juga dikenal sebagai vape merupakan salah satu produk tembakau alternatif yang menghantarkan nikotin dengan cara memanaskan cairan yang mengandung nikotin, perisa, dan bahan lainnya. Saat digunakan, produk tersebut akan menghasilkan uap atau aerosol.

 

Produk Tembakau yang Dipanaskan

 

ilustrasi-alat-produk-tembakau-yang-dipanaskan-background-putih

 

Produk tembakau yang dipanaskan adalah salah satu jenis produk tembakau alternatif yang lebih rendah risiko dibandingkan rokok. Produk tembakau yang dipanaskan berfungsi dengan cara memanaskan tembakau yang diolah secara khusus dengan menggunakan perangkat elektronik untuk menghantarkan nikotin bagi penggunanya.

Setelah memahami berbagai dampak negatif dari asap rokok dan TAR bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar, maka penting bagi kita untuk berupaya mengurangi risiko dari kebiasaan merokok. Hal ini dilakukan dengan berhenti merokok sepenuhnya, atau jika sulit dilakukan, dapat beralih ke produk tembakau alternatif yang memiliki risiko lebih rendah daripada rokok.