Produk Tembakau Alternatif


Strategi terbaik untuk menghindari bahaya TAR yang terkandung pada asap rokok adalah tentu dengan berhenti merokok sepenuhnya. Namun, bagaimana jika perokok mengalami kesulitan untuk berhenti?

Saat ini, sudah tersedia berbagai jenis produk tembakau alternatif yang bisa menjadi pilihan bagi perokok dewasa yang kesulitan berhenti merokok untuk dapat mengurangi risiko dan bahaya TAR dari kebiasaan merokoknya.

Kenali beragam produk tembakau alternatif yang memiliki risiko lebih rendah daripada rokok di sini!

Ragam Produk Tembakau Alternatif

Berbeda dengan rokok, produk tembakau alternatif tidak melalui proses pembakaran, sehingga penggunaannya tidak menghasilkan asap yang mengandung TAR. Oleh karena itu, produk tembakau alternatif memiliki risiko yang jauh lebih rendah daripada rokok. Kenali lebih jauh beragam jenis produk tembakau alternatif di sini:

Rokok Elektronik atau Vape


Rokok elektronik atau vape menghantarkan nikotin dengan cara memanaskan cairan yang mengandung nikotin, perisa, dan bahan lainnya. Rokok elektronik atau vape menghasilkan uap, bukan asap yang mengandung TAR seperti pada rokok.

Baca lebih lanjut→

Produk Tembakau yang Dipanaskan


Produk tembakau yang dipanaskan bekerja dengan memanaskan batang tembakau untuk menghantarkan nikotin bagi penggunanya. Produk tembakau yang dipanaskan menghasilkan uap, bukan asap yang mengandung TAR seperti pada rokok.

Baca lebih lanjut→

Kantong Nikotin


Produk tembakau alternatif ini berbentuk kantong kecil yang mengandung nikotin. Produk ini digunakan dengan cara meletakannya di antara bibir dan gusi.

Baca lebih lanjut→

Perlu diingat, meskipun memiliki risiko yang jauh lebih rendah daripada rokok, produk-produk ini tidak sepenuhnya bebas risiko. Produk tembakau alternatif ini hanya diperuntukkan bagi perokok dewasa yang berusia di atas 18 tahun.

Artikel Terkait - Produk Tembakau Alternatif

Ilustrasi untuk Benarkah Produk Tembakau Alternatif Memengaruhi Kesehatan Masyarakat?
Benarkah Produk Tembakau Alternatif Memengaruhi Kesehatan Masyarakat?

Menurut sebuah studi yang dilakukan tim peneliti University of Melbourne, di Selandia Baru, produk tembakau alternatif seperti rokok elektronik atau vape dapat membawa dampak positif terhadap kesehatan masyarakat. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Ilustrasi untuk Hasil Riset Rokok Elektronik di Inggris
Hasil Riset Rokok Elektronik di Inggris

Rokok elektronik semakin menjadi tren di masyarakat. Lalu apakah rokok elektronik ini memiliki risiko yang lebih kecil dibanding rokok konvensional? Apakah efektif untuk membuat perokok dewasa berhenti merokok secara total? Simak hasil laporan badan Kesehatan masyarakat Inggris, berikut.

Ilustrasi untuk Perokok Dewasa Wajib Tahu, Ini Fakta Produk Tembakau Alternatif
Perokok Dewasa Wajib Tahu, Ini Fakta Produk Tembakau Alternatif

Ini 4 fakta yang kamu perlu ketahui soal produk tembakau alternatif (PTA). Pertama, PTA seperti rokok elektronik, produk tembakau yang dipanaskan, dan kantong nikotin, berhasil menurunkan prevalensi merokok di beberapa negara seperti Swedia, Selandia Baru, dan Jepang. Kedua, PTA memiliki profil risiko yang lebih rendah ketimbang rokok. Public Health England (saat ini bernama UK Health Security Agency) menyatakan bahwa PTA mampu mengurangi risiko hingga 90-95% lebih rendah daripada rokok. Ketiga, asosiasi pelaku usaha dan konsumen berkomitmen untuk mengedukasi bahwa PTA hanya untuk perokok dewasa. Keempat, baru-baru ini Kementerian Kesehatan Inggris membagikan PTA secara gratis kepada satu juta perokok untuk mendorong perokok beralih ke produk yang lebih rendah risiko. Hal ini demi mendukung target pemerintah Inggris untuk bebas dari rokok mulai 2030.