Produk Tembakau Alternatif


Strategi terbaik untuk menghindari bahaya TAR yang terkandung pada asap rokok adalah tentu dengan berhenti merokok sepenuhnya. Namun, bagaimana jika perokok mengalami kesulitan untuk berhenti?

Saat ini, sudah tersedia berbagai jenis produk tembakau alternatif yang bisa menjadi pilihan bagi perokok dewasa yang kesulitan berhenti merokok untuk dapat mengurangi risiko dan bahaya TAR dari kebiasaan merokoknya.

Kenali beragam produk tembakau alternatif yang memiliki risiko lebih rendah daripada rokok di sini!

Ragam Produk Tembakau Alternatif

Berbeda dengan rokok, produk tembakau alternatif tidak melalui proses pembakaran, sehingga penggunaannya tidak menghasilkan asap yang mengandung TAR. Oleh karena itu, produk tembakau alternatif memiliki risiko yang jauh lebih rendah daripada rokok. Kenali lebih jauh beragam jenis produk tembakau alternatif di sini:

Rokok Elektronik atau Vape


Rokok elektronik atau vape menghantarkan nikotin dengan cara memanaskan cairan yang mengandung nikotin, perisa, dan bahan lainnya. Rokok elektronik atau vape menghasilkan uap, bukan asap yang mengandung TAR seperti pada rokok.

Baca lebih lanjut→

Produk Tembakau yang Dipanaskan


Produk tembakau yang dipanaskan bekerja dengan memanaskan batang tembakau untuk menghantarkan nikotin bagi penggunanya. Produk tembakau yang dipanaskan menghasilkan uap, bukan asap yang mengandung TAR seperti pada rokok.

Baca lebih lanjut→

Kantong Nikotin


Produk tembakau alternatif ini berbentuk kantong kecil yang mengandung nikotin. Produk ini digunakan dengan cara meletakannya di antara bibir dan gusi.

Baca lebih lanjut→

Perlu diingat, meskipun memiliki risiko yang jauh lebih rendah daripada rokok, produk-produk ini tidak sepenuhnya bebas risiko. Produk tembakau alternatif ini hanya diperuntukkan bagi perokok dewasa yang berusia di atas 18 tahun.

Artikel Terkait - Produk Tembakau Alternatif

Ilustrasi untuk Strategi Komunikasi Spesifik Cegah Misinformasi Produk Tembakau Alternatif
Strategi Komunikasi Spesifik Cegah Misinformasi Produk Tembakau Alternatif

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Sahid Jakarta (USAHID), diperlukan strategi komunikasi yang berbeda tentang produk tembakau alternatif untuk mengurangi misinformasi, yang disesuaikan dengan latar belakang pendidikan masyarakat dan status sosial masyarakat. Dalam mengimplementasikan strategi komunikasi tersebut, perlu dibangun kolaborasi dengan melibatkan pemangku kepentingan (pentahelix), seperti pemerintah, pelaku usaha, akademisi, media, dan masyarakat.

Ilustrasi untuk Belajar dari Inggris Soal Pengendalian Tembakau
Belajar dari Inggris Soal Pengendalian Tembakau

Pada tahun 2017, Departemen Sosial dan Kesehatan Inggris mencetuskan Rencana Pengendalian Tembakau untuk tahun 2017-2022. Perencaan ini secara rinci dirancang untuk mengendalikan konsumsi tembakau dari hulu ke hilir, mulai dari pencegahan hingga rehabilitasi dan kontrol melalui regulasi formal.

Ilustrasi untuk Kurangi candu, perokok berhak dapatkan informasi produk alternatif
Kurangi candu, perokok berhak dapatkan informasi produk alternatif

Perokok dewasa mempunyai hak untuk menggunakan produk penghantar nikotin yang lebih rendah risiko, seperti produk tembakau alternatif guna mengurangi pravalensi merokok serta memperbaiki kualitas hidup di masa depan, menurut Ketua Koalisi Indonesia Bebas TAR Ariyo Bimmo.