20 February 2022

Potensi dan Efek Vape Bagi Perokok yang Kesulitan Berhenti

Saat ini, semakin banyak perokok yang mencoba vape karena mempertimbangkan risikonya yang lebih rendah daripada rokok. Tetapi, apakah Anda tahu potensi efek vape bagi para perokok, utamanya yang kesulitan berhenti? 

Untuk mengetahui potensi itu, Anda bisa membaca informasi dari Kabar di bawah ini agar #JadiLebihPaham.

Baca Juga: Hindari dan Kurangi Bahaya Asap Knalpot

Mengenal Efek Vape

Dilansir dari CDC, vape dapat menjadi solusi bagi perokok dewasa yang kesulitan untuk berhenti merokok. Di satu sisi, produk ini tidak melalui proses pembakaran seperti pada rokok sehingga lebih rendah risiko. Di sisi yang lain, produk ini tetap mengandung nikotin sehingga dapat membantu perokok untuk beralih.

Pada penggunaannya, vape menghantarkan nikotin menggunakan proses pemanasan. Cara kerja ini membuat vape menghasilkan uap, bukan asap seperti pada rokok. Seperti yang Anda ketahui, rokok dikonsumsi dengan cara dibakar sehingga menghasilkan asap yang mengandung berbagai zat kimia berbahaya.

Perbedaan tersebut membuat vape memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan rokok. Akan tetapi, bukan berarti vape 100% bebas risiko, ya.

Baca Juga: Uji Emisi Pada Uap Rokok Elektrik

Langkah Untuk Mengurangi Risiko

Tim peneliti Public Health England, bagian dari UK Health Security Agency, melakukan sebuah penelitian tentang vape. Penelitian ini dilakukan untuk melihat perbandingan dampak paparan asap rokok dengan uap vape. Hasilnya, ditemukan fakta bahwa setidaknya uap yang dihasilkan oleh vape 95% lebih rendah risiko dibandingkan asap hasil pembakaran rokok. Oleh karena itu, dengan beralih ke vape, para perokok dapat mengurangi risiko kesehatan yang dapat timbul dari kebiasaan merokok, terutama dari paparan asapnya.

Beralih ke produk tembakau alternatif seperti vape merupakan penerapan konsep pengurangan bahaya tembakau atau tobacco harm reduction. Konsep ini menganjurkan agar para perokok yang kesulitan berhenti untuk beralih menggunakan produk alternatif yang risikonya lebih rendah dibandingkan rokok.

Baca Juga: Perbandingan Emisi Rokok vs Produk Tembakau Alternatif

Jadi itulah fakta mengenai potensi vape bagi perokok yang kesulitan berhenti yang dapat menjadi perspektif baru bagi Anda. Anda juga dapat mengetahui informasi lainnya tentang produk tembakau alternatif melalui artikel-artikel dari Kabar agar #JadiLebihPaham.

Share