Efek Asap Rokok pada Hewan Peliharaan | KoalisiIndonesiaBebasTar

04 April 2019

Efek Asap Rokok pada Hewan Peliharaan

Kita tentunya sudah akrab dengan segala efek buruk rokok dan asap rokok terhadap diri kita serta para perokok pasif di sekitar kita. Namun, sadarkah kita bahwa ada satu lagi sosok yang terpapar bahaya akibat asap rokok? Sosok itu tak lain adalah hewan peliharaan yang setia menemani kita setiap harinya. Ternyata, mereka pun merasakan efek buruk dari asap rokok.

Bagi Anda para pemilik anjing, sebaiknya kurangi atau justru berhenti lah merokok di sekitar anjing peliharaan Anda. Terutama jika mereka memang memiliki paru-paru atau sistem pernapasan yang bermasalah. Menghirup asap rokok dapat memperparah penyakit mereka, dan bahkan menyebabkan batuk kronis. Lebih jauh lagi, perokok yang memelihara anjing berhidung panjang seperti greyhoundsborzois, dan doberman harus waspada terhadap risiko kanker hidung pada anjing-anjing tersebut. Sebab, hidung mereka memfilter partikel asap tembakau dalam jumlah yang lebih banyak agar tak ada partikel yang masuk ke paru-paru. Akibatnya, jaringan di hidung dan sinus anjing peliharaan Anda dapat terpapar partikel toksin yang dapat menyebabkan kanker, sehingga risiko kanker hidung pun meningkat. Sebaliknya, anjing dengan hidung pendek seperti pugsbulldogsbeagles, dan brittany spaniels memiliki risiko kanker paru-paru yang lebih tinggi karena hanya dapat memfilter sedikit partikel tembakau. Sisanya langsung masuk ke paru-paru mereka, dan dapat mengakibatkan kanker paru-paru.

Pemilik kucing pun tak lepas dari risiko serupa, dan bahkan lebih parah. Kucing tak hanya menghirup asap rokok, namun juga menjilat dan mengonsumsi partikel asap di bulu mereka saat mereka memandikan diri mereka sendiri. Artinya, kucing yang dipelihara oleh perokok memiliki risiko kanker mulut dua atau empat kali lipat lebih tinggi daripada kucing-kucing lain. Parahnya lagi, hanya kurang dari 10% kucing yang mengidap kanker mulut yang dapat bertahan hidup. Tak hanya itu, kucing yang dipelihara perokok juga berisiko terkena kanker getah bening. Biasanya, kucing dengan kanker getah bening hanya memiliki masa harapan hidup enam bulan.

Saat kita memutuskan untuk memelihara hewan, kita sesungguhnya membuat komitmen untuk menjaga mereka seperti mereka menemani dan menjaga kita setiap harinya. Maka, alangkah baiknya jika kita menghindarkan mereka dari risiko penyakit mematikan akibat asap rokok dan partikel asap di udara.

Share