Left arrow Kembali

4 Tanaman Rumah Cegah Polusi Asap Rokok

Menghiasi rumah dengan tanaman pot tidak hanya menambah keindahan interior, tetapi juga memberikan dampak baik bagi kebersihan udara sekitar. Pencemaran udara yang semakin membahayakan tubuh bisa ditanggulangi dengan menempatkan tanaman serap polusi. Tanaman apa saja yang cocok?

Menghiasi rumah dengan tanaman pot menambah keindahan interior. Selain sebagai hiasan, beragam tanaman juga memberikan dampak baik bagi kebersihan udara sekitar. Pencemaran udara yang semakin membahayakan tubuh bisa kamu tanggulangi dengan menempatkan tanaman serap polusi. Beberapa tanaman ini berguna meminimalisir pencemaran udara.

Baca Juga: Efek Asap Rokok pada Hewan Peliharaan

1. Palem kuning mampu menyerap racun
Palem kuning memiliki ragam manfaat. Seperti menyerap racun dan karbondioksida berlebih. Biasanya, palem kuning ditanam di dalam pot dan diletakkan pada sudut ruangan sebagai hiasan. Tanaman palem kuning bisa menghilangkan polusi udara dalam ruangan akibat asap rokok, aseton (polusi akibat minyak, diesel, deterjen, pembersih dan lainnya), xylene (kotoran atau debu ventilasi) dan toluena (polusi udara akibat limbah kosmetik, cat dan bensin) seperti yang dituliskan pada laman food thesis. Tak hanya mampu menyerap polusi udara, palem kuning juga bisa memproduksi oksigen dan mencegah permasalahan pernapasan.

2. Lidah buaya melawan paparan polusi udara
Umumnya, tanaman lidah buaya dimanfaatkan sebagai perawatan kulit dan rambut dengan ragam olahan. Mulai dari minuman, makanan, perawatan tubuh hingga menjadi penyerap polusi udara. Kemunculan produk-produk komersil yang mengandung lidah buaya ini banyak diminati konsumen.

Menurut lansiran dari finca canarias, gel lidah buaya bisa melawan zat beracun yang diakibatkan pencemaran lingkungan. Hal ini dikarenakan antioksidan vitamin A, C dan E. Lidah buaya juga mengandung mineral yang mencegah efek dari paparan polusi udara.

Baca Juga: Peneliti Jelaskan Perbedaan Kandungan Asap Rokok dan Uap Vape

3. Pakis (boston fern) menyerap polusi udara
Tanaman lainnya yang mampu mengurangi polusi udara akibat asap rokok ialah pakis boston. Tercemarnya udara akibat senyawa organik yang mengantarkan bau bensin, limbah plastik, deterjen, limbah kosmetik dan asap rokok membahayakan kesehatan tubuh. Menurut laman SF Gate, penelitian NASA terkait tanaman pakis boston termasuk ke dalam 9 daftar penyerap polusi udara. Tanaman ini mampu menciptakan biosistem dan termasuk dalam bakteri, jamur dan mikroba lain di sekitar akarnya. Cara kerjanya terjadi ketika polusi masuk ke dalam biosistem akar yang ditranslokasi melalui daun.

4. Bunga cantik tanaman lili
Kecantikan bunga lili efektif mengurangi polusi udara akibat asap rokok (Foto: Pixabay/Capri23auto) Terkenal dengan kecantikannya, ternyata efektif juga dalam menetralisir polusi udara akibat asap rokok. Tanaman lili ini wajib kamu letakkan di dalam ruangan. Keefektifannya dalam menyerap senyawa benzena yang disebabkan asap rokok atau bahan bakar kendaraan bermotor melalui daun dan mengirimkan ke akar demikian dilansir dari gardeningknowhow. Bagi kamu perokok pasif, menyimpan tanaman lili ini membantumu dalam mengurangi bahaya asap rokok secara alami.

Baca Juga: Bahaya Asap Knalpot Berwarna Putih Pada Kendaraan Bermotor Bagi Mesin dan Kesehatan

Sumber: Merahputih.com, 16 Juli 2019