21 February 2022

Apa Itu Vape? Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Vape

Produk vape semakin banyak digunakan oleh perokok pada saat ini karena menawarkan alternatif yang lebih rendah risiko untuk mendapatkan asupan nikotin dibandingkan rokok. Perbandingan risiko antara kedua produk ini pun menjadi perhatian banyak orang. Nah, sebenarnya apa itu vape?

Apa itu Vape?

Seperti yang dilansir dari Hello Sehat, vape adalah salah satu produk tembakau alternatif dengan risiko yang lebih rendah daripada rokok. Bedanya dengan rokok, vape menggunakan sistem yang memanaskan cairan, bukan pembakaran. Di dalam cairan yang digunakan dalam vape sendiri tetap ada kandungan nikotin yang dapat membantu perokok untuk mengurangi atau bahkan berhenti total dari rokok. 

Ada beberapa komponen dari vape, yaitu pod/cartridge untuk menampung cairan, elemen pemanas, baterai, dan corong untuk menghirup aerosol tersebut. Cara kerja produk ini sebenarnya sederhana. Ketika dinyalakan, maka perangkat pemanas bertenaga baterai akan memanaskan cairan yang kemudian menghasilkan uap yang dapat dihirup oleh penggunanya. 

Baca Juga: Mana Produk Tembakau Alternatif yang Lebih Efektif Membantu Anda Berhenti Merokok?

Karena tidak melalui proses pembakaran, produk ini secara ilmiah terbukti memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan rokok. Sebab, proses pembakaran yang menghasilkan asap dan TAR lah yang sebetulnya merupakan penyebab berbagai penyakit terkait kebiasaan merokok.

Fakta Vape Membantu Mengurangi Risiko dari Kebiasaan Merokok

Menyadari berbagai risiko kesehatan yang mungkin timbul dari kebiasaan merokok, banyak perokok yang sejatinya ingin berhenti. Namun, berhenti sepenuhnya seringkali sulit dilakukan. Produk tembakau alternatif seperti vape dapat menjadi salah satu solusi bagi Anda yang menemui kesulitan itu.

Produk tembakau alternatif sendiri adalah perwujudan konsep harm reduction atau pengurangan bahaya. Konsep ini ditujukan untuk mengurangi bahaya kesehatan yang terkait dengan kebiasaan atau penggunaan zat tertentu. Dalam konteks kebiasaan merokok, konsep ini diterapkan dengan beralih dari rokok ke produk tembakau alternatif. 

COPD di dalam laporan berjudul A Randomized Trial of E-Cigarettes Versus Nicotine-Replacement Therapy menjelaskan bagaimana para partisipan penelitian berpindah dari rokok ke vape. Dari data yang didapatkan vape terhitung lebih efektif untuk menjadi solusi berhenti merokok daripada terapi pengganti nikotin.

Baca Juga: Pentingnya Penyesuaian Dosis Nikotin Saat Ingin Berhenti Merokok

Selain itu, dari segi kesehatan sendiri, setelah 1 tahun menggunakan vape, partisipan mengalami penurunan dari batuk dan produksi dahak. Fakta dari segi kesehatan ini membuat vape dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat Anda pilih ketika memiliki keinginan untuk mengurangi risiko dari kebiasaan merokok.

Semoga informasi tentang apa itu vape di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa untuk cek artikel KABAR yang lain agar Anda #JadiLebihPaham tentang vape dan produk tembakau alternatif lainnya.

Share