Left arrow Kembali

Inilah Macam-Macam Rokok Elektronik yang Bisa Anda Temui

Rokok elektronik tidak hanya terdiri dari satu macam atau jenis saja. Ada berbagai macam-macam rokok elektronik yang perlu Anda ketahui agar dapat membantu dalam meninggalkan kebiasaan merokok.Rokok elektronik adalah bagian dari Produk Tembakau Alternatif. Kehadiran produk ini bisa menjadi alternatif untuk Anda yang sedang berusaha mengurangi risiko bahaya dari zat-zat di dalam rokok konvensional. 

 

Ada macam-macam rokok elektronik yang dijual pada saat ini. Rokok elektronik adalah bagian dari Produk Tembakau Alternatif. Kehadiran produk ini bisa menjadi alternatif untuk Anda yang sedang berusaha mengurangi risiko bahaya dari zat-zat di dalam rokok konvensional. 

Benar sekali, penggunaan rokok elektronik dapat dijadikan solusi tepat untuk mengurangi konsumsi rokok konvensional secara perlahan-lahan. Jika memang sedang mencari rokok elektronik, maka informasi berbagai macam jenis produk ini dapat menjadi pilihan Anda. Simak artikel dari KABAR di bawah ini agar #JadiLebihPaham.

Macam-Macam Rokok Elektronik

Seperti yang dilansir dari Hello Sehat, rokok elektronik tidak hanya terdiri dari satu macam atau jenis saja. Ada berbagai macam-macam rokok elektronik yang perlu Anda ketahui agar dapat membantu dalam meninggalkan kebiasaan merokok.

1. Disposable

Disposable adalah jenis rokok elektronik generasi pertama. Itulah mengapa teknologi yang digunakan masih sangat minim. Bahkan Anda hanya bisa menggunakan jenis rokok elektronik ini dalam satu waktu saja alias tidak dapat diisi ulang. Bentuknya juga dibuat mirip dengan rokok konvensional.

2. Pen

Dari segi namanya saja, Anda sudah dapat menggambarkan bagaimana bentuk dari jenis rokok elektronik ini. Rokok elektronik berjenis pen dapat dibawa ke mana saja karena bentuknya cukup kecil. 

Baca Juga: Masih Belum Yakin Jika Rokok Elektronik Miliki Risiko Kesehatan yang Lebih Rendah Daripada Rokok?

3. Portable

Bentuk rokok elektronik jenis portable jauh lebih besar dibandingkan dengan pen. Namun tetap dapat dibawa ke mana saja dengan mudah dan portable bisa dimasukkan ke dalam kantung celana. 

Portable menggunakan baterai yang dapat bertahan selama 2-3 jam atau bahkan lebih. Jadi jangan lupa untuk melakukan pengisian baterai dalam jangka waktu tertentu agar tetap bisa dibawa kemana pun.

Baca Juga: Efek Asap Rokok pada Hewan Peliharaan

4. Desktop

Jenis rokok elektronik ini hanya bisa digunakan di rumah atau satu tempat saja. Bentuknya cukup besar sehingga tidak mungkin Anda bawa kemana-mana. Produksi uap yang dihasilkan juga sangat besar. 

Melihat perbedaan dari masing-masing jenis rokok elektronik di atas, mungkin Anda berpikir apa yang membuat teknologi ini terus dikembangkan. Salah satu alasannya adalah Produk Tembakau Alternatif seperti rokok elektronik ini diciptakan karena bisa menjadi salah satu opsi bagi para perokok yang ingin berhenti merokok, tapi tetap mendapatkan asupan rokok.

Kita tahu bahwa rokok konvensional menyimpan berbagai jenis zat berbahaya yang dapat meningkatkan risiko penyakit. Keinginan untuk lepas dari rasa candu ini sulit dihilangkan. Itulah mengapa Produk Tembakau Alternatif menjadi jawaban atas kebutuhan ini.

Baca Juga: Kandungan Asap Rokok dan Risiko yang Ditimbulkan

Harm Reduction Journal menjelaskan bagaimana rokok elektronik dapat membantu proses metode harm reduction agar para perokok terhindar dari keinginan untuk kembali merokok. Hasilnya adalah banyak yang memilih rokok elektronik agar bisa menghindari bahaya zat-zat berbahaya di dalam rokok konvensional.

Ada beberapa koresponden yang akhirnya menjadikan rokok elektronik sebagai alat untuk menghentikan konsumsi rokok konvensional. Namun ada juga beberapa koresponden yang akhirnya menggunakan rokok elektronik sambil diselingi dengan rokok konvensional karena masih kesulitan untuk melepaskan kebiasaannya. 

Dari data yang berhasil didapatkan, rokok elektronik mampu memenuhi kebutuhan dari para perokok, baik dari sisi psikologi hingga sosial. Hal ini menjadi pertanda bahwa keberadaan rokok elektronik dapat menjadi alternatif tepat dalam menggantikan rokok konvensional, sekaligus menjalankan metode harm reduction dalam meminimalisir risiko bahaya zat-zat tersebut.

Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat untuk Anda dalam mengetahui macam-macam rokok elektronik. Anda juga dapat mengetahui lebih banyak tentang Produk Tembakau Alternatif bersama KABAR agar #JadiLebihPaham.

Souce: Hello Sehat, Harm Reduction Journal