Left arrow Kembali

Apa yang Dimaksud Dengan TAR?

TAR sebenarnya tidak hanya dapat merusak kinerja paru-paru. Zat-zat kimia berbahaya yang ada di dalamnya dapat masuk ke dalam aliran darah Anda dan tersebar ke berbagai organ lainnya. Ditambah lagi, TAR juga merupakan penyebab gigi dan jari perokok menguning. Cari tahu apa yang dimaksud dengan TAR melalui artikel berikut ini agar #JadiLebihPaham

Ketika Anda merokok, pembakaran yang dilakukan untuk menyalakan rokok menghasilkan asap dan residu. Asap rokok tersebut mengandung lebih dari 7.000 zat kimia berbahaya. Sedangkan residu yang dihasilkan, dikenal juga dengan istilah TAR, mengandung berbagai zat kimia berbahaya yang sejumlah di antaranya diketahui bersifat karsinogenik. Yuk kita bahas sedikit tentang apa yang dimaksud dengan TAR!

Salah satu bahaya TAR bagi kesehatan adalah ketika TAR terhirup, berbagai zat kimia yang terkandung di dalamnya dapat mengendap di dalam paru-paru dan berisiko menyebabkan beragam penyakit. Lalu apa saja fakta-fakta lain tentang TAR dan bagaimana cara mengurangi risikonya? Anda bisa membaca informasi di bawah ini agar #JadiLebihPaham.

Fakta Tentang TAR

Berbicara mengenai risiko kesehatan yang dapat dipicu oleh TAR, paparan TAR dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit, seperti bronkitis, emfisema, dan kanker paru-paru.

TAR sebenarnya tidak hanya dapat merusak kinerja paru-paru. Zat-zat kimia berbahaya yang ada di dalamnya dapat masuk ke dalam aliran darah Anda dan tersebar ke berbagai organ lainnya. Ditambah lagi, TAR juga merupakan penyebab gigi dan jari perokok menguning.

Bagi Anda yang bukan perokok, namun tinggal dan beraktivitas di antara perokok juga dapat merasakan efek dari TAR ini. Satu hal yang patut menjadi perhatian, TAR dapat bertahan di udara dan melekat di anggota tubuh, pakaian dan furnitur hingga berjam-jam setelah aktivitas seseorang merokok. Sehingga, tanpa disadari residu ini dapat tetap terhirup oleh orang-orang di sekitarnya, bahkan oleh non-perokok sekalipun. 

Baca Juga: Apa itu Perokok Pasif dan Apa Perbedaan Perokok Aktif dan Pasif?

Cara Mengurangi Efek TAR

Melihat fakta tentang TAR yang banyak memberikan risiko negatif, banyak orang yang mulai sadar untuk melepaskan diri dari kebiasaan merokok. Namun untuk dapat berhenti secara total, pasti membutuhkan waktu, niat, dan usaha yang cukup besar. Pun demikian, banyak perokok yang menemui kendala dalam prosesnya sehingga gagal berhenti merokok sepenuhnya.

Apabila Anda termasuk dalam perokok yang belum dapat berhenti sepenuhnya, produk tembakau alternatif adalah dapat Anda pilih untuk mengurangi risiko kebiasaan merokok dan TAR. Bagi yang belum mengetahui, produk tembakau alternatif merupakan bentuk penerapan konsep harm reduction, sebuah konsep yang mengedepankan alternatif yang lebih rendah risiko apabila konsumsi atau penggunaan suatu zat tidak dapat dihentikan sepenuhnya. pengurangan risiko kesehatan yang menggunakan gaya hidup lebih sehat, dengan meminimalisir konsumsi zat-zat berbahaya, seperti merokok. 

Baca Juga: Mana Produk Tembakau Alternatif yang Lebih Efektif Membantu Anda Berhenti Merokok?

Walaupun tidak 100% bebas risiko, produk tembakau alternatif, seperti vape dan produk tembakau yang dipanaskan, terbukti secara ilmiah memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan rokok. Hal ini karena berbeda dengan rokok, vape dan produk tembakau yang dipanaskan tidak melalui proses pembakaran sehingga tidak menghasilkan asap yang mengandung TAR. Nikotin pada vape terkandung dalam e-liquid. Uap yang dihasilkan dari memanaskan e-liquid dengan kandungan nikotin tersebut kemudian dihirup dan menghantarkan nikotin tanpa ada TAR di dalamnya. 

Semoga informasi yang diberikan di atas dapat memudahkan Anda untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan TAR. Jika Anda ingin melihat artikel lainnya tentang produk tembakau alternatif hingga harm reduction, cek Kabar agar #JadiLebihPaham.

Very Well Mind