Left arrow Kembali

Apakah Vape Aman dan Lebih Tidak Berbahaya dari Rokok? Cari Tahu Di Artikel Berikut!

Apakah vape aman? Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh para perokok yang penasaran dengan Produk Tembakau Alternatif ini. Temukan faktanya berikut bersama Kabar.

Berbicara tentang vape, banyak pro kontra yang beredar tentang bahayanya, terutama dalam hal risiko kesehatan dibandingkan dengan rokok. Seiring waktu, banyak penelitian yang telah dilakukan untuk menelaah jawaban dari perdebatan tersebut dan menemukan berbagai fakta terbaru tentang risiko penggunaan vape terhadap kesehatan dan perbandingannya dengan rokok.

Popularitas vape terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Semakin banyak orang yang beralih dari rokok ke vape karena ingin berhenti merokok sepenuhnya. Oleh karena itu, salah satu produk tembakau alternatif ini dipercaya dapat membantu para perokok untuk mengurangi kebiasaan merokok loh! 

Apakah Vape Aman dan Lebih Baik bagi Perokok?

Vape adalah salah satu Produk Tembakau Alternatif yang bekerja dengan memanaskan cairan mengandung nikotin. Dengan pemanasan itu, vape bukan menghasilkan asap seperti rokok, melainkan uap. 

Truth Initiative menjelaskan bahwa pada dasarnya, uap yang dihasilkan oleh vape memiliki kandungan zat-zat berbahaya yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan asap rokok. Bahkan, dalam penelitian yang dilakukan Public Health England, dinyatakan bahwa vape 95% lebih rendah risiko dibandingkan rokok. 

Namun, perlu diingat, vape sendiri tidak 100% bebas risiko terhadap kesehatan, mengingat vape tetap mengandung nikotin yang dapat menimbulkan ketergantungan.

Oleh karena itu, berbeda dengan rokok, vape tidak menggantikan rokok sebagai pilihan terbaik bagi perokok yang ingin mengurangi risiko kesehatan. Tetapi, sebagai salah satu Produk Tembakau Alternatif, vape dapat menjadi alternatif yang lebih baik para perokok merasa kesulitan untuk berhenti merokok.

Baca Juga: Mana Produk Tembakau Alternatif yang Lebih Efektif Membantu Anda Berhenti Merokok?

Fakta Vape Sebagai Alternatif bagi Perokok

Seperti yang dijelaskan di atas, vape atau rokok elektrik adalah Produk Tembakau Alternatif yang lebih rendah risiko kesehatannya daripada rokok dan memiliki potensi untuk membantu perokok perlahan-lahan meninggalkan kebiasaan merokoknya. Dengan beralih ke vape, para perokok tetap bisa mendapatkan kandungan nikotin namun dengan risiko yang lebih rendah daripada rokok. 

Penggunaan Produk Tembakau Alternatif untuk mengurangi risiko kesehatan dari kebiasaan merokok merupakan penerapan pendekatan pengurangan bahaya atau harm reduction. Pendekatan harm reduction mendorong penggunaan produk alternatif yang lebih rendah risiko untuk mengurangi bahaya dari konsumsi atau penggunaan bahan kimia tertentu, terutama apabila berhenti sepenuhnya dari kebiasaan merokok sulit dilakukan oleh perokok aktif.

Baca Juga: Kandungan Asap Rokok dan Risiko yang Ditimbulkan

Jadi, sekarang Anda sudah mengetahui apakah vape lebih tidak berbahaya dari rokok. Jika memang Anda adalah seorang perokok yang sedang mencoba untuk melepaskan diri dari rokok, vape dapat menjadi salah satu alternatif jika Anda belum bisa berhenti merokok total.

Anda dapat mengetahui informasi lebih dalam tentang vape dan produk tembakau alternatif lainnya, hingga harm reduction secara lengkap melalui berbagai artikel Kabar di sini agar #JadiLebihPaham.

Truth Initiative