Left arrow Kembali

APVI dan AVI: Produk Tembakau Alternatif Hanya untuk Konsumen Dewasa

Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) dan Aliansi Vaper Indonesia (AVI) berkomitmen untuk menjual produk tembakau alternatif hanya kepada konsumen dewasa, bukan kepada anak-anak di bawah umur, non-perokok, serta ibu hamil dan menyusui. Selain itu, APVI dan AVI juga berkomitmen untuk memastikan kualitas produk tembakau alternatif dan memberikan edukasi serta informasi akurat kepada masyarakat mengenai penggunaan produk tersebut.

Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) memastikan pihaknya hanya akan menjual produk tembakau alternatif kepada orang dewasa, bukan kepada anak-anak di bawah umur, non-perokok, serta ibu hamil dan menyusui.

Hal tersebut merupakan salah satu dari tiga komitmen APVI bersama Aliansi Vaper Indonesia (AVI) dalam deklarasi Gerakan Bebas TAR yang dideklarasikan pada Asia Pacific Harm Reduction Forum (APHRF) 2024 di Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

"Kami akan memastikan bahwa seluruh anggota asosiasi kami mematuhi peraturan dan regulasi yang berlaku terkait penjualan produk ini," kata Sekretaris Jenderal APVI Garindra Kartasmita, dikutip dari Antara, Rabu (17/7/2024).

Sebagai asosiasi pelaku usaha, Garindra juga memastikan kualitas produk yang dihasilkan dan didistribusikan kepada konsumen, yang juga menjadi komitmen kedua dari gabungan asosiasi produsen dan konsumen.

Produk-produk tembakau alternatif yang dipasarkan tersebut, kata dia, dipastikan telah melewati proses kontrol kualitas yang ketat untuk memenuhi standar keamanan sebagai bentuk perlindungan konsumen.

"Kami juga berusaha terus-menerus untuk meningkatkan kualitas produk melalui inovasi dan penelitian yang berkelanjutan," ujarnya.

Adapun komitmen ketiga, yakni edukasi dan informasi, yang disampaikan oleh Ketua Umum AVI Johan Sumantri. Ia menyatakan pihaknya bersama APVI akan bersama-sama memberikan edukasi dan informasi yang tepat serta akurat kepada masyarakat mengenai penggunaan produk tembakau alternatif.

Dalam mengedukasi dan menginformasikan fakta-fakta tentang produk tembakau alternatif, kata dia, AVI juga siap berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan terkait lainnya.

"Informasi yang disebarkan berbasis pada bukti ilmiah dan penelitian terbaru. Kami percaya bahwa masyarakat yang teredukasi dengan baik akan mampu membuat keputusan yang lebih bijak terkait penggunaan produk ini," ujarnya.

https://money.kompas.com/read/2024/07/17/171300026/asosiasi-pastikan-produk-tembakau-alternatif-hanya-dijual-untuk-dewasa?page=all