Left arrow Kembali

Karakterisasi Perbedaan Penyebaran Spasial dan Temporal antara Uap dari Rokok Elektronik dan Asap dari Rokok yang Dihembuskan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak kesehatan bagi pengguna pasif yang terpapar asap dari rokok dan uap yang dihasilkan rokok elektronik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak kesehatan bagi pengguna pasif yang terpapar asap dari rokok dan uap yang dihasilkan rokok elektronik. Penelitian ini melakukan pengujian emisi yang membandingkan antara udara yang terpapar uap dari rokok elektronik dan asap dari rokok yang dihembuskan. Temuan-temuan yang dihasilkan dalam penelitian tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Peneliti Jelaskan Perbedaan Kandungan Asap Rokok dan Uap Vape

  • Perubahan konsentrasi partikel-partikel di udara sama-sama terjadi baik setelah hembusan asap rokok konvensional maupun uap dari rokok elektronik (106 partikel/cm3).
  • Tetapi, pada rokok elektronik, konsentrasi partikel-partikel udara ini segera kembali ke konsentrasi partikel normal di dalam ruangan (10,000 partikel/cm3) tempat eksperimen dilakukan hanya dalam hitungan 10 – 15 detik. Kecepatan hilangnya konsentrasi partikel tidak tergantung pada ventilasi udara di dalam ruangan tersebut. Hal ini disebabkan karena produk yang dihasilkan rokok elektronik adalah uap air yang dapat terevaporasi dengan cepat.
  • Sebaliknya, pada rokok konvensional, konsentrasi partikel-partikel udara di dalam ruangan meningkat hingga 50,000 partikel/cm3 dan menurun lebih lambat hingga mencapai 30 – 45 menit dan sangat tergantung pada ventilasi udara di ruangan.
  • Pada rokok elektronik, partikel-partikel yang dihasilkan di dalam uap berukuran 150nm dan cenderung mengecil ketika berjarak semakin jauh dari pengguna. Uap dari rokok elektronik tidak menimbulkan dampak apapun kepada mereka yang berada dalam jarak 2m dari pengguna.

​Pada rokok konvensional, partikel-partikel yang dihasilkan di dalam asap berukuran 300nm dan tidak berubah berapa pun jarak antara perokok dan perokok pasif.

Baca Juga: Merokok dan Menggunakan Rokok Elektronik, Apa Bedanya?

Baca Juga: Apa itu Perokok Pasif dan Apa Perbedaan Perokok Aktif dan Pasif?