Left arrow Kembali

Perbandingan Tekanan Darah dan Detak Jantung pada Mereka yang Berhenti Merokok dan yang Mengurangi Merokok dengan Beralih ke Rokok Elektronik

Eksperimen ini bertujuan untuk melakukan studi perbandingan tekanan darah dan detak jantung secara periodik dalam jangka waktu 52 minggu pada mereka yang berhenti merokok (quitters) dan mengurangi (reducers) dengan bantuan rokok elektronik, serta mereka yang tidak merubah kebiasaannya dalam mengonsumsi rokok (failures).

Eksperimen ini bertujuan untuk melakukan studi perbandingan tekanan darah dan detak jantung secara periodik dalam jangka waktu 52 minggu pada mereka yang berhenti merokok (quitters) dan mengurangi (reducers) dengan bantuan rokok elektronik, serta mereka yang tidak merubah kebiasaannya dalam mengonsumsi rokok (failures). Temuan-temuan yang dihasilkan dalam penelitian tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Terjadi penurunan batas bawah tekanan darah (sistolik) dalam jangka panjang pada kelompok reducers dan quitters dibandingkan dengan kelompok failures. Penurunan jangka panjang terjadi terutama pada mereka yang sejak awal memiliki tekanan darah tinggi.
  • Perbandingan tekanan darah sistolik menghasilkan hasil yang serupa diantara kelompok quitters yang berhenti menggunakan rokok elektronik dan kelompok quitters yang tetap menggunakan rokok elektronik.
  • Penurunan tekanan darah ini menguatkan penelitian-penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa rokok elektronik merupakan produk alternatif dengan risiko kesehatan yang lebih rendah dibandingkan dengan rokok konvensional.
  • Beralih dari rokok konvensional ke rokok elektronik memiliki potensi yang kecil dalam meningkatkan risiko kesehatan, terutama yang berkaitan dengan sistem kardiovaskuler. 
  • Temuan penelitian dapat membantu dokter dan praktisi medis lainnya dalam memberikan konsultasi pada pasien yang menggunakan atau berniat menggunakan rokok elektronik sebagai pengganti rokok konvensional.