Left arrow Kembali

Regulasi di Tahap Ketidakpastian: Bukti Ilmiah terkait Sistem Penghantar Nikotin Elektronik (E-cigarettes)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penelitian terkait dampak kesehatan dari sistem penghantar nikotin elektronik atau rokok elektronik dan kaitannya dengan implikasi regulasi terkait produk tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penelitian terkait dampak kesehatan dari sistem penghantar nikotin elektronik atau rokok elektronik dan kaitannya dengan implikasi regulasi terkait produk tersebut. Poin-poin yang disimpulkan dalam penelitian ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dengan menggunakan pendekatan pengurangan risiko, sistem penghantar nikotin yang tidak dbakar dianggap sebagai sebagai solusi alternatif yang efektif dalam mengurangi angka prevalensi merokok. Bukti-bukti ilmiah menunjukkan bahwa rokok elektronik jauh lebih tidak berbahaya dibandingkan dengan merokok.
  • Sayangnya, regulasi yang mengatur rokok elektronik tidak berdasar pada bukti-bukti ilmiah dan lebih berdasar ke prinsip pencegahan.
  • Argumen-argumen yang digunakan untuk menerapkan regulasi ketat bahkan mencekal produk rokok elektronik kebanyakan bersifat hipotetikal, berdasarkan bukti ilmiah yang tidak kuat dan kadang merupakan produk dari mispresentasi dan misinterpretasi penelitian ilmiah.
  • Pemangku kepentingan dan perumus regulasi seharusnya tidak melewatkan potensi rokok elektronik yang akan memiliki banyak dampak positif jika digunakan oleh para perokok untuk beralih ke produk yang lebih rendah risiko kesehatannya.
  • Regulasi seharusnya memastikan agar para perokok dapat mendapatkan informasi yang benar mengenai risiko kesehatan relatif dari berbagai produk sistem penghantar nikotin elektronik dan memastikan agar produk ini tidak dikonsumsi oleh nonperokok.
  • Tujuan utama dari regulasi terkait rokok elektronik harus dapat mencapai keseimbangan antara risiko kesehatan dan potensi rokok elektronik dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Sumber: Farsalinos, K. E., & Le Houezec, J. (2015). Regulation in the face of uncertainty: The evidence on electronic nicotine delivery systems (e-cigarettes). Risk Management and Healthcare Policy, 8, 157 - 167. doi: 10.2147/RMHP.S62116