Third-hand Smoke dari Rokok: Bukti dan Argumen Baru untuk Agenda Riset Multidispliner | KoalisiIndonesiaBebasTar

10 March 2019

Third-hand Smoke dari Rokok: Bukti dan Argumen Baru untuk Agenda Riset Multidispliner

Penelitian ini menjelaskan tentang definisi dari Third-hand Smoke (THS), paparan THS, dan analisis tentang unsur pokok, proses serapan, dan pelepasan molekul di dalam ruang, transformasi yang terjadi, distribusi, dan jangka waktu menempelnya THS di lingkungan tempat tinggal. Beberapa poin hasil penelitian tersebut adalah:

  • Terjadi perubahan fisik dan susunan kimia dari polutan-polutan yang dihasilkan asap rokok seiring berjalannya waktu, dimulai dari detik hingga hitungan bulan dari rokok dimatikan. Perubahan ini membentuk polutan sekunder yang dalam beberapa kasus lebih berbahaya bagi kesehatan (contoh: Tobacco-Specific Nitrosamines atau TSNAs).
  • THS menempel di lingkungan tempat tinggal pada udara, debu, dan permukaan benda-benda yang ada di dalam rumah yang pernah terpapar asap rokok. Kesimpulan ini didapat dari temuan adanya peningkatan level nikotin pada tangan dan kotinin pada urin dari non perokok yang tinggal di rumah yang sebelumnya dihuni oleh perokok. 
  • Agenda riset yang komprehensif untuk meningkatkan pemahaman umum mengenai susunan dan proses kimia, paparan, toksikologi, dan dampak kesehatan dari THS sangat penting dalam upaya menjadikan THS salah satu pertimbangan dalam upaya pengendalian tembakau di saat ini maupun di masa yang akan datang.

Share