Konsekuensi Rokok Elektrik pada Kesehatan Masyarakat | KoalisiIndonesiaBebasTar

06 January 2019

Konsekuensi Rokok Elektrik pada Kesehatan Masyarakat

Tim peneliti yang tergabung dalam Committee on the Review of the Health Effects of Electronic Nicotine Delivery Systems mengkaji temuan dari berbagai penelitian terkait rokok elektrik dan implikasinya pada kesehatan masyarakat. Penelitian ini didukung oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Pemerintah Federal (FDA), Amerika Serikat. Tinjauan penelitian tersebut menyimpulkan bahwa:
  • Terdapat bukti yang kuat bahwa emisi gas yang dihasilkan rokok elektrik mengandung lebih sedikit jenis senyawa berbahaya dan dalam tingkat kandungan yang lebih rendah dibandingkan rokok konvensional.
  • Berbagai hasil uji laboratorium terhadap kandungan rokok elektrik menunjukkan bahwa rokok elektrik memiliki risiko kesehatan yang lebih rendah dibandingkan rokok konvensional.
  • Walaupun tidak sepenuhnya bebas risiko, rokok elektrik dapat memberikan asupan nikotin dengan metode penggunaan yang mirip dengan rokok konvensional sehingga memiliki potensi sebagai produk tembakau alternatif dengan risiko kesehatan yang lebih rendah tetapi tetap memberikan kepuasan bagi perokok.
  • Jika digunakan oleh perokok dewasa untuk berhenti dan/atau mengurangi risiko kesehatan dari rokok konvensional, penggunaan rokok elektrik dapat membawa dampak positif bagi kesehatan masyarakat dalam jangka panjang.

Share