Riset Terkait

Dosis Progresif Koyo Nikotin sebelum Berhenti Merokok: Kelayakan, Keamanan, dan Dampaknya pada Periode Sebelum dan Sesudah Berhenti Merokok

Studi observasi ini bertujuan untuk membandingkan kelayakan, keamanan, dan dampak dari penggunaan koyo nikotin dengan dosis yang disesuaikan dengan keinginan perokok pada periode 4 minggu sebelum dan sesudah mereka berhenti merokok.

27 July 2019

Perbedaan Dosis, Durasi, dan Bentuk Terapi Pengganti Nikotin untuk Berhenti Merokok

Tinjauan literatur sistematis ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas, keamanan dari berbagai bentuk terapi pengganti nikotin, dosis nikotin, serta durasi penggunaan yang dapat mendorong keberhasilan berhenti merokok jangka panjang.

20 July 2019

Dampak Potensial Kesehatan dan Anggaran Level Nasional dari Melegalisasi Penjualan Produk Nikotin dengan Vaporisasi

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Melbourne di Selandia Baru ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut dampak kesehatan dan implikasinya pada anggaran negara dari melegalisasi penjualan produk mengandung nikotin yang dipanaskan dan menghasilkan vaporisasi (penguapan).

13 July 2019

Karakterisasi Perbedaan Penyebaran Spasial dan Temporal antara Uap dari Rokok Elektrik dan Asap dari Rokok yang Dihembuskan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak kesehatan bagi pengguna pasif yang terpapar asap dari rokok dan uap yang dihasilkan rokok elektrik.

06 July 2019

Regulasi di Tahap Ketidakpastian: Bukti Ilmiah terkait Sistem Penghantar Nikotin Elektronik (E-cigarettes)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penelitian terkait dampak kesehatan dari sistem penghantar nikotin elektronik atau rokok elektrik dan kaitannya dengan implikasi regulasi terkait produk tersebut.

15 June 2019

Produk Tembakau yang Dipanaskan Bukan Dibakar sebagai Produk Baru Industri Tembakau: Risiko Kesehatan

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan penelitian terkait penelitian-penelitian mengenai produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar (heat-not-burn) dengan membandingkan antara hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh pelaku industri tembakau dan penelitian independen.

08 June 2019

Dapatkah Polusi Udara Menghilangkan Dampak Positif dari Bersepeda dan Jalan Kaki bagi Kesehatan?

Penelitian ini bertujuan untuk menimbang dampak positif dan negatif dari aktivitas fisik ketika melakukan perjalanan aktif, seperti bersepeda dan berjalan kaki.

02 June 2019

Polusi Lingkungan dan Emisi dari Rokok Elektrik, Produk Tembakau yang Dipanaskan Bukan Dibakar, dan Rokok Konvensional

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan paparan kandungan metal dan organik bagi pengguna pasif dari produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar (heat-not-burn) yang baru muncul di pasaran dengan membandingkannya dengan emisi yang dihasilkan rokok konvensional  dan rokok elektrik.

01 June 2019

Perbandingan Zat Kimia dalam Gas yang Dihasilkan Produk Tembakau yang Dipanaskan Bukan Dibakar dengan Rokok yang Dibakar

Penelitian ini bertujuan untuk memahami zat-zat kimia yang terkandung dalam uap yang dihasilkan pada produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar (heat-not-burn) dengan membandingkannya dengan asap yang dihasilkan dari rokok yang dibakar.

28 May 2019

Dampak Buruk Polusi Udara di Negara Berkembang

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana dampak polusi udara bagi kesehatan terutama di negara-negara berkembang yang masih menggunakan bahan bakar biomassa sebagai sumber energi utama.

27 May 2019

Uap dari Produk Tembakau dengan Modifikasi Risiko Menunjukkan Pengurangan Dampak Gerakan Sel Tubuh dan Migrasi Antar Sel Endotel Dibandingkan dengan Rokok Konvensional

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak perbandingan dari paparan produk tembakau dengan modifikasi risiko (dipanaskan bukan dibakar) dan rokok konvensional pada perilaku gerakan sel monosit antar sel endotel.

20 April 2019

Kadar Karbon Monoksida pada Produk Tembakau Dipanaskan

Eksperimen ini bertujuan untuk mengukur kadar karbon monoksida (CO) pada hembusan napas setelah menggunakan produk tembakau yang dipanaskan.

14 April 2019

Tinjauan Kandungan Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAHs) di Udara dan Efeknya pada Kesehatan Manusia

Penelitian ini merupakan tinjauan literatur yang bertujuan untuk memahami polutan Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAHs), dari kandungan senyawa, proses transformasi, paparan terhadap manusia, hingga dampak kesehatan yang diakibatkan.

07 April 2019

Perbandingan Tekanan Darah dan Detak Jantung pada Mereka yang Berhenti Merokok dan yang Mengurangi Merokok dengan Beralih ke Rokok Elektrik

Eksperimen ini bertujuan untuk melakukan studi perbandingan tekanan darah dan detak jantung secara periodik dalam jangka waktu 52 minggu pada mereka yang berhenti merokok (quitters) dan mengurangi (reducers) dengan bantuan rokok elektrik, serta mereka yang tidak merubah kebiasaannya dalam mengonsumsi rokok (failures).

06 April 2019

Potensi Risiko dan Pengendalian Tembakau di Amerika Serikat dengan Mengganti Rokok dengan Rokok Elektrik

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dua skenario pengendalian tembakau di Amerika Serikat tanpa dan dengan penggunaan rokok elektrik.

31 March 2019

Paparan terhadap Asap Obat Nyamuk Bakar Memiliki Faktor Risiko Kanker Paru-Paru di Taiwan

Penelitian ini menggunakan studi kasus yang dilakukan di sebuah rumah sakit di Taiwan untuk memahami apakah paparan terhadap asap dari obat nyamuk bakar merupakan salah satu faktor risiko kanker paru-paru.

30 March 2019

Asupan Nikotin dalam Bentuk Aerosol dari Produk Tembakau yang Dipanaskan Bukan Dibakar: Perbandingan dengan Rokok Konvensional dan Rokok Elektrik

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kadar nikotin pada produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar dan dalam gas yang dihasilkan dari produk tersebut bila dibandingkan dengan rokok elektrik dan rokok konvensional.

23 March 2019

Third-hand Smoke dari Rokok: Bukti dan Argumen Baru untuk Agenda Riset Multidispliner

Penelitian ini menjelaskan tentang definisi dari Third-hand Smoke (THS), paparan THS, dan analisis tentang unsur pokok, proses serapan, dan pelepasan molekul di dalam ruang, transformasi yang terjadi, distribusi, dan jangka waktu menempelnya THS di lingkungan tempat tinggal.

10 March 2019

Rokok Elektrik: Pembaruan Bukti Ilmiah

Public Health England, sebuah divisi dalam Departemen Kesehatan dan Pelayanan Sosial, Inggris melakukan sebuah tinjauan penelitian di tahun 2015 untuk merangkum bukti ilmiah yang dapat digunakan sebagai dasar perumusan kebijakan dan regulasi pemerintah Inggris terkait rokok elektrik yang semakin populer di pasar.

09 March 2019

Dampak Metode Memasak pada Tingkat Kandungan Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAHs) pada Daging Ayam

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya kandungan Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAHs), senyawa kimia yang dikenal sebagai karsinogen yang kuat, pada cara memasak ayam yang berbeda-beda, yaitu merebus, menggoreng, membakar, dan memanggang.

03 March 2019

Nikotin Tanpa Asap: Pengurangan Risiko Tembakau

Tim peneliti divisi Penasihat Tembakau dari the Royal College of Physicians, Inggris melakukan tinjauan penelitian untuk memperbarui bukti ilmiah terkini terkait pendekatan pengurangan risiko dalam kebiasaan merokok yang berhubungan dengan penggunaan produk penghantar nikotin, terutama rokok elektrik.

02 March 2019

Emisi Obat Nyamuk Bakar dan Implikasinya bagi Kesehatan

Penelitian ini melakukan uji emisi untuk menentukan tingkat partikel halus (partikulat berdiameter <2.5 mikrometer - PM2.5), senyawa polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs), volatile organic compounds (VOCs), aldehida, dan keton dari hasil pembakaran obat nyamuk bakar dan implikasinya bagi kesehatan.

10 February 2019

Pengurangan Risiko dan Pengendalian Tembakau: Mengubah Pandangan Masyarakat tentang Nikotin

Tim peneliti dari berbagai universitas di Amerika Serikat melakukan tinjauan penelitian untuk memahami potensi Alternative Nicotine Delivery Systems (ANDS) atau produk penghantar nikotin alternatif dalam upaya pengendalian tembakau.

09 February 2019

Karakteristik Emisi Polusi Udara dari Pembakaran Dupa dan Lilin pada Udara di dalam Ruangan

Penelitian ini melakukan eksperimen dalam ruang tertutup untuk melihat senyawa volatile organic compounds (VOCs) dan konsentrasi partikel di dalam ruangan setelah pembakaran dupa dan lilin.

03 February 2019

Tingkat Analit Tertentu dalam Emisi "Produk Tembakau yang Dipanaskan Bukan Dibakar" yang Relevan untuk Mengkaji Risiko Kesehatan Manusia

Penelitian yang didanai oleh German Federal Institute for Risk Assessment (BfR), sebuah divisi dalam Departemen Bahan Kimia dan Keamaan Produk dari Jerman ini bertujuan untuk melakukan uji toksikologi dari emisi produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar yang ada di pasaran.

02 February 2019

Bukti Ilmiah atas Tinjauan terhadap Rokok Elektrik & Produk Tembakau yang Dipanaskan Bukan Dibakar 2018

Public Health England, sebuah divisi dalam Departemen Kesehatan dan Pelayanan Sosial Inggris, kembali melakukan tinjauan penelitian di tahun 2018 untuk merangkum bukti ilmiah terkini sebagai dasar perumusan kebijakan dan regulasi pemerintah Inggris terkait rokok elektrik dan produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar.

26 January 2019

Penggunaan Rokok Elektrik di Yunani: Analisa dari Sampel Populasi Representatif di Provinsi Attica

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari berbagai universitas di Yunani ini bertujuan untuk memahami tingkat adopsi dan penggunaan rokok elektrik di provinsi Attica, Yunani.

19 January 2019

Karakteristik Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAHs) dalam PM2.5 yang Dihasilkan dari Aktivitas Memasak yang Berbeda di Cina

Penelitian ini melakukan pengujian untuk membandingkan kandungan senyawa Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAHs) yang dihasilkan dari lima aktivitas memasak yang berbeda di Cina.

13 January 2019

Dampak Kesehatan dari Polusi Udara yang Disebabkan Transportasi

Badan Kesehatan Dunia (WHO) melakukan sebuah tinjauan penelitian di tahun 2005 untuk merangkum bukti-bukti ilmiah terkait dampak kesehatan yang disebabkan paparan polusi udara oleh transportasi.

12 January 2019

Konsekuensi Rokok Elektrik pada Kesehatan Masyarakat

Tim peneliti yang tergabung dalam Committee on the Review of the Health Effects of Electronic Nicotine Delivery Systems mengkaji temuan dari berbagai penelitian terkait rokok elektrik dan implikasinya pada kesehatan masyarakat.

06 January 2019

Tampilkan Riset Lainnya