07 February 2022

Sulit Berhenti Merokok? Beberapa Produk Tembakau Alternatif Ini Bisa Jadi Solusinya

Ada berbagai pilihan produk tembakau alternatif yang dapat dijadikan solusi jika saat ini Anda sedang ingin mencoba berhenti merokok tapi merasa kesulitan dalam melakukannya. Seperti yang dilansir Alodokter, produk tembakau alternatif menjadi salah satu cara di dalam pendekatan harm reduction untuk meminimalisir bahaya dari zat-zat yang terkandung di dalam asap rokok. 

Public Health England (PHE) telah merekomendasikan salah satu produk tembakau alternatif, yaitu vape sebagai salah satu alat untuk membantu proses berhenti merokok. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Kementerian Selandia Baru menyimpulkan bahwa Produk Tembakau Alternatif dapat membantu perokok berhenti sekaligus membantu pemerintah dalam mencapai program Selandia Baru Bebas Asap 2025, sehingga produk-produk tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk berhenti merokok.

Baca Juga: Masih Belum Yakin Jika Rokok Elektrik Miliki Risiko Kesehatan yang Lebih Rendah Daripada Rokok?

Pilihan Produk Tembakau Alternatif

Tidak dapat dipungkiri ketika memutuskan untuk berhenti merokok secara total, keinginan untuk kembali merokok sering muncul. Namun, daripada kembali merokok, perokok dewasa sebetulnya dapat mempertimbangkan produk tembakau alternatif yang berisiko lebih rendah daripada rokok untuk dapat mengurangi asupan nikotin secara perlahan-lahan.

1. Vape

Vape semakin digemari pada saat ini. Penggunaannya cukup praktis, dapat dibawa ke berbagai tempat, dan tidak meninggalkan jejak bau seperti rokok. Dengan sistem yang ada di dalam mekanisme produk ini, tidak ada senyawa tambahan lain yang dapat masuk dari luar sehingga tetap aman. 

Salah satu ciri khas vape yang membuatnya mudah diterima oleh perokok dewasa adalah liquid atau cairan dengan berbagai rasa. Cairan ini perlu diisi secara berkala untuk dipanaskan sehingga menjadi uap.

Baca Juga: Apa Bedanya Rokok dan Produk Tembakau Alternatif?

2. Permen Karet Nikotin

Permen karet nikotin memiliki bentuk layaknya permen karet biasa. Produk tembakau alternatif ini dapat Anda konsumsi jika ingin berhenti merokok. Jadi, saat muncul keinginan kuat untuk merokok, Anda bisa langsung mengonsumsi permen karet ini. 

Baca Juga: Dampak Buruk Asap Rokok pada Kecerdasan Intelektual Anak Anda!

3. Produk Tembakau yang Dipanaskan

Produk tembakau yang dipanaskan ini bekerja dengan cara memanaskan batang tembakau dalam rentang suhu tertentu hingga zat-zat beracun yang dihasilkan memiliki kadar lebih rendah daripada rokok. Produk tembakau yang dipanaskan ini tidak menghasilkan asap yang mengandung TAR seperti pada rokok, melainkan uap atau aerosol. Uap tersebut mengandung kadar zat-zat kimia berbahaya 90-95% lebih rendah jika dibandingkan dengan asap hasil pembakaran rokok.

Ditambah lagi, jurnal Effectiveness and Safety Profile of Alternative Tobacco and Nicotine Products for Smoking Reduction and Cessation: A Systematic Review yang dirilis oleh Dovepress memberikan hasil bahwa dapat terciptanya sistem yang lebih efisien dengan menggunakan produk tembakau alternatif dalam mengurangi konsumsi rokok.

Anda dapat mengetahui lebih banyak informasi tentang produk tembakau alternatif bersama KABAR di sini.

Share