29 November 2021

Metode Memasak yang Sehat juga Dapat Menghasilkan Zat Karsinogen loh! Cek Artikel Berikut!

Dalam mengolah sebuah masakan untuk konsumsi sehari-hari, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari kualitas bahan baku hingga bagaimana cara kita mengolah masakan. Semua proses mengolah makanan ini harus kita perhatikan dengan baik, karena metode-metode memasak yang sehat pun dapat menghasilkan senyawa-senyawa karsinogen penyebab kanker yang berbahaya bagi kesehatan. Senyawa yang bersifat karsinogenik ini dapat terbentuk saat asam amino, gula, dan kreatinin bereaksi pada suhu yang tinggi. 

Lalu apa saja metode atau cara memasak yang dinilai sehat namun juga dapat menimbulkan zat karsinogen? 

Cara Memasak yang Dinilai Sehat tapi Berisiko Menimbulkan Zat Karsinogen:

1. Dipanggang

Salah satu cara memasak yang sehat namun dapat menimbulkan risiko kesehatan adalah memanggang.  Cara ini dapat memicu terjadinya denaturasi protein lebih tinggi dari cara memasak lainnya, dapat mengoksidasi lemak dan menyebabkan glutamat yang dapat menghancurkan nutrisi makanan. Metode memasak dengan memanggang juga ternyata dapat menghasilkan senyawa TAR yang mirip dengan asap rokok yang berisiko tinggi terhadap kesehatan. TAR dapat menempel pada paru-paru setelah proses pembakaran pada rokok dan dapat memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.  

2. Diasap

Biasanya metode memasak ini digunakan untuk membuat daging menjadi awet. Caranya adalah daging yang akan diasap diletakkan di atas kayu yang dibakar dengan suhu rendah. Daging tidak terkena api secara langsung tapi hanya akan terkena asap pembakaran. Pada proses pengasapan, akan menimbulkan asap yang mengandung Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAHs), kumpulan senyawa kimia berbahaya yang merupakan senyawa karsinogen. Pembakaran tidak sempurna dalam proses pengasapan daging asap juga membuat daging asap mengandung benzo(a)pyrene (BaP). Senyawa karsinogen ini berperan besar dalam proses perubahan gen pada paru-paru dan menyebabkan kanker paru-paru.

3. Direbus

Merebus makanan adalah salah satu cara memasak yang dipercaya paling sehat, karena memasak dengan cara merebus makanan hingga mendidih dapat membantu mencegah oksidasi dari lemak pada makanan. Tetapi, menurut sebuah penelitian di Cina, merebus ternyata bisa menghasilkan zat karsinogen. Disebutkan bahwa aktivitas merebus makanan pada jajanan pinggir jalan dan merebus di kafetaria dapat menghasilkan asap yang mengandung senyawa Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAHs) yang dapat meningkatkan risiko penyakit pada sistem kardiovaskuler, sistem pernapasan, dan kanker.

Beberapa Alternatif Cara Memasak yang Sehat Lain yang Bisa Anda Terapkan: 

Dengan mengetahui hal tersebut diatas, maka ada baiknya kita lebih memperhatikan lagi metode memasak yang selama ini kita lakukan setiap hari. Pertimbangkan beberapa metode memasak sehat berikut yang tidak berisiko menghasilkan zat karsinogen:

1. Mengukus

Metode ini terbilang cukup sehat karena membantu mempertahankan nilai gizi pada makanan.

2. Menumis

Metode memasak yang sehat ini hanya membutuhkan sedikit minyak dan dilakukan dengan cepat sehingga gizi makanan tidak banyak yang hilang.

3. Poaching

Metode ini berarti memasak makanan menggunakan air yang mirip metode merebus, tapi tepat di bawah titik didih. Cara ini bisa digunakan untuk memasak ikan atau telur. 

Itu tadi pembahasan tentang cara memasak yang sehat tapi juga berisiko dan menyebabkan zat karsinogen. Sebaiknya, Anda mengganti metode memasak yang dapat meningkatkan risiko kesehatan yang buruk dengan mengonsumsi makanan yang dimasak dengan cara yang sehat namun tetap enak. Ikuti terus artikel Kabar agar Anda #JadiLebihPaham.

Share