24 December 2021

Mana Produk Tembakau Alternatif yang Lebih Efektif Membantu Anda Berhenti Merokok?

Produk Tembakau Alternatif adalah bagian dari metode pengurangan risiko tembakau atau biasa dikenal juga dengan nama harm reduction. Saat ini sudah semakin banyak Produk Tembakau Alternatif yang dijual di pasaran. Anda bisa membelinya dengan mudah dimanapun, dan produk ini termasuk salah satu opsi untuk proses berhenti merokok. 

Dengan beralih ke Produk Tembakau Alternatif, maka proses berhenti merokok dapat berjalan lebih smooth. Tubuh Anda juga tidak akan merasa kaget hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun dari sekian banyak Produk Tembakau Alternatif, mana yang lebih efektif membantu Anda berhenti merokok?

Baca Juga: Bahaya Asap Knalpot Berwarna Putih Pada Kendaraan Bermotor Bagi Mesin dan Kesehatan

Perbandingan Rokok Elektrik vs Produk Tembakau yang Dipanaskan

Di dalam penelitian bertajuk Experimental trial on the effectiveness of heat-not-burn cigarettes compared to e-cigarettes and regular tobacco cigarettes: effects on acute craving, withdrawal, positive and negative experiences yang dipresentasikan dalam Global Nicotine Forum pada bulan Juni 2019, ditemukan perbandingan antara rokok elektrik dengan produk tembakau yang dipanaskan.

Seperti yang diketahui, ada berbagai Produk Tembakau Alternatif, seperti rokok elektrik hingga produk tembakau yang dipanaskan. Masing-masing produk memiliki keunggulan. Baik dari segi kemudahan dalam penggunaan, hingga sistem kerjanya. Penelitian ini dilakukan kepada 30 perokok aktif yang telah merokok selama empat tahun atau lebih dan mereka yang mengonsumsi sekitar 13 batang rokok setiap harinya tanpa ada niat berhenti merokok sama sekali.

Dari kedua produk yang dibandingkan di dalam penelitian tersebut, ditemukan fakta menarik tentang produk yang lebih efektif untuk membantu berhenti merokok. Produk tembakau yang dipanaskan ternyata mampu menurunkan keinginan untuk merokok dalam jumlah lebih tinggi, yaitu 28%. Sebaliknya, rokok elektrik dapat menurunkan keinginan merokok sebesar 26%. Memang perbedaan hanya 2% saja namun sebenarnya tidak perlu menjadi permasalahan.

Hasil penelitian di atas menjadi bukti bahwa produk tembakau yang dipanaskan lebih efektif untuk membantu proses berhenti merokok dibandingkan dengan rokok elektrik. Namun pesan yang ingin disampaikan tidak berhenti disitu saja. 

Produk Tembakau Alternatif mana pun yang Anda pilih, semuanya tetap sama, bisa menjadi langkah awal bagi Anda dalam proses berhenti merokok. Setiap Produk Tembakau Alternatif merupakan salah satu solusi untuk berhenti merokok secara total. Keinginan para perokok aktif di dalam mengontrol craving dan withdrawal symptoms terhadap nikotin dapat terbantu berkat Produk Tembakau Alternatif ini. Diharapkan proses berhenti merokok dapat berjalan lebih lancar. 

Baca Juga: Asap Knalpot vs. Asap Rokok, Apa Dampaknya Bagi Paru-Parumu?

Metode Harm Reduction dengan Produk Tembakau Alternatif

Produk Tembakau Alternatif menjadi salah satu cara di dalam metode harm reduction atau pengurangan bahaya. Pendekatan ilmiah yang dilakukan dengan beberapa produk tersebut berguna di dalam mengurangi mengonsumsi zat-zat berbahaya di dalam rokok konvensional. 

Seperti yang kita ketahui, berhenti merokok bukanlah suatu hal yang mudah. Namun dengan menggunakan Produk Tembakau Alternatif dan harm reduction, pada akhirnya proses pengurangan bahaya merokok dapat dilakukan secara aman, efektif dan lebih rendah risiko kesehatannya.

Baca Juga: Apa Akibat Asap Rokok Pada Binatang Peliharaan Anda?

Anda dapat membaca tentang harm reduction dalam upaya berhenti merokok agar #JadiLebihPaham.

Share