24 December 2021

Hasil Riset Rokok Elektrik di Inggris

Penggunaan rokok elektrik semakin meningkat pada saat ini, apalagi bagi orang-orang yang berusaha untuk mengurangi penggunaan rokok konvensional dan menghindari dampak risiko penyakit yang ditimbulkan olehnya. Selain itu mereka juga menggunakan rokok elektrik agar tidak mengganggu kehidupan lingkungan sekitar akibat asap dan bau yang ditinggalkan. Sebenarnya ada banyak dampak positif akibat rokok elektrik, berdasarkan penelitian yang dilakukan Laporan Badan Kesehatan Masyarakat Inggris pada tahun 2015 dan 2017 silam. 

Apa saja ya, dampak positif dari rokok elektrik? Mari melihat hasil penelitian tersebut pada penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Asap Knalpot vs. Asap Rokok, Apa Dampaknya Bagi Paru-Parumu?

Fakta Terbaru Hasil Riset Rokok Elektrik di Inggris

Riset terhadap rokok elektrik terus dilakukan secara berkala untuk mendapatkan fakta terbaru. Pada tahun 2015, ditemukan bahwa penggunaan rokok elektrik dapat mengeliminasi kandungan TAR dan karbon monoksida yang merupakan zat-zat paling berbahaya dari hasil pembakaran tembakau. 

Rokok elektrik juga 95% lebih rendah risiko kesehatan jika dibandingkan dengan rokok konvensional. Itulah mengapa semakin banyak orang yang beralih ke rokok elektrik dari rokok konvensional.

Ditambah lagi, puluhan ribu orang telah berhasil berhenti merokok dengan bantuan rokok elektrik setiap tahunnya. Hasil penelitian pada tahun 2015 ini juga didukung penelitian tahun 2017 oleh House of Commons Science and Technology Committee. Dijelaskan bahwa rokok elektrik dapat membantu seseorang berhenti merokok. Pada tahun tersebut, terdapat 2,9 juta orang di Inggris yang menggunakan rokok elektrik untuk membantu mereka dalam mengurangi kebiasaan rokok, bahkan hingga berhenti total.

Disadur dari Liputan 6, menurut studi pada tahun 2019 yang dilakukan University College London, kenaikan pengguna vape atau rokok elektrik terjadi sejak 2011. Data ini akhirnya dapat dikaitkan dengan pola penurunan jumlah perokok. 

Baca Juga: Bahaya Asap Knalpot Berwarna Putih Pada Kendaraan Bermotor Bagi Mesin dan Kesehatan

Pilihan Produk Tembakau Alternatif untuk Harm Reduction

Dari beberapa penelitian di Inggris, angka perokok yang berkurang karena banyak yang beralih ke rokok elektrik, dan penggunaan rokok elektrik dinilai lebih efektif untuk berhenti merokok dibandingkan cara lainnya. Walaupun tidak sepenuhnya berhasil, setidaknya rokok elektrik juga dapat membantu menurunkan risiko kesehatan hingga kematian yang disebabkan oleh rokok konvensional. Produk Tembakau Alternatif seperti rokok elektrik ini menjadi salah satu cara yang diterapkan dalam konsep harm reduction atau konsep Pengurangan Risiko.

Konsep harm reduction bagi perokok adalah konsep dengan menggunakan pendekatan kepada perokok yang bertujuan untuk mengurangi risiko kesehatan terkait dengan kebiasaan atau penggunaan zat tertentu, dengan memberikan alternatif lebih baik selain rokok yang bisa dijadikan pilihan. Untuk para perokok, penerapan konsep ini diaplikasikan pada penggunaan Produk Tembakau Alternatif.

Suara.com menjelaskan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, kesadaran masyarakat terhadap bahaya rokok konvensional semakin meningkat. Masyarakat akhirnya mencoba mencari alternatif dari rokok konvensional agar secara perlahan-lahan bisa mengurangi konsumsi tembakau, sekaligus meminimalisir zat-zat berbahaya akibat kebiasaan merokok. 

Pemerintah Inggris memang terbukti berhasil di dalam menerapkan konsep ini dengan semakin membebaskan penjualan Produk Tembakau Alternatif. Dampak positifnya, Produk Tembakau Alternatif semakin mudah untuk ditemukan. Akhirnya konsumsi rokok konvensional dapat berkurang dan terbukti pola hidup masyarakat yang menjadi lebih sehat. 

Berhenti merokok memang solusi terbaik untuk para perokok dewasa. Namun, jika dirasa sulit maka produk tembakau alternatif seperti rokok elektrik, tembakau yang dipanaskan, dapat menjadi solusi untuk Anda tetap dapat memenuhi asupan nikotin, sambil perlahan-lahan mengurangi kebiasaan merokok. Proses yang lebih smooth dengan dukungan Produk Tembakau Alternatif akan mampu mendukung tujuan Anda.

Baca Juga: Apa Akibat Asap Rokok Pada Binatang Peliharaan Anda? 

Semoga informasi mengenai beberapa dampak positif akibat rokok elektrik di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk cek artikel KABAR lainnya agar #JadiLebihPaham.

Share