15 January 2022

Apakah Rokok Elektrik Berbahaya untuk Kesehatan

Perdebatan tentang apakah rokok elektrik aman atau berbahaya bagi kesehatan terus berkembang. Sudah ada beberapa penelitian yang menjelaskan bagaimana pengaruh rokok elektrik bagi tubuh sebagai alternatif dari rokok konvensional yang seperti kita ketahui dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Medical News Today melansir artikel yang membahas tentang berbagai sisi dari rokok elektrik, termasuk dari sisi kesehatan, khususnya ketika dibandingkan dengan rokok tembakau.

Mari ketahui dampak keberadaan rokok elektrik pada saat ini di tengah masyarakat melalui informasi di bawah ini.

Apakah Rokok Elektrik Aman untuk Kesehatan?

Produk rokok elektrik sudah semakin mudah ditemukan pada saat ini. Banyak orang merasa rokok elektrik tetap mampu memenuhi kebutuhan nikotin yang ada di dalam rokok konvensional. Apalagi, rokok elektrik memiliki berbagai rasa sehingga semakin mudah diterima makin banyak orang serta sedikit meninggalkan jejak bau yang dapat terhirup oleh orang-orang sekitar. 

Baca Juga: Efek Asap Rokok pada Hewan Peliharaan

Di dalam artikel Medical News Today, dijelaskan bahwa rokok elektrik hadir sebagai Produk Tembakau Alternatif yang dapat mengurangi asupan zat-zat berbahaya di dalam rokok konvensional. Hal ini memang benar adanya. Apalagi Produk Tembakau Alternatif seperti rokok elektrik juga dapat membantu mengurangi efek kecanduan yang muncul. 

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memberikan saran tepat tentang rokok elektrik, yaitu rokok elektrik tetap tidak disarankan bagi ibu hamil, anak-anak, remaja, dan orang yang belum pernah merokok sama sekali. Selain itu, lebih baik rokok elektrik digunakan jika memang ada niat untuk berhenti merokok. Itulah mengapa rokok elektrik dikenal sebagai alat bantu dalam mengurangi  kebiasaan merokok, bahkan hingga total berhenti merokok.

Dari segi kandungan, rokok elektrik memang lebih rendah risiko dibandingkan rokok konvensional. Walaupun begitu, faktanya rokok elektrik tidak bebas risiko. 

Baca Juga: Masih Belum Yakin Jika Rokok Elektrik Miliki Risiko Kesehatan yang Lebih Rendah Daripada Rokok?

Oleh karena itu, penggunaan rokok elektrik dapat digunakan dalam upaya untuk mengurangi penggunaan rokok konvensional dengan risiko kesehatan tinggi. Dengan beralih ke Produk Tembakau Alternatif, Anda sudah mencoba mengikuti metode harm reduction atau Pengurangan Risiko. Metode ini mengaplikasikan pengurangan bahaya pada konsumsi tembakau, yang salah satunya adalah melalui penggunaan Produk Tembakau Alternatif, untuk mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh rokok konvensional.

Rokok Elektrik untuk Meminimalisir Risiko

NHS menjelaskan bagaimana banyak perokok yang berhasil berhenti dengan beralih ke rokok elektrik. Dengan penggunaan rokok elektrik, maka rasa keinginan untuk terus mengkonsumsi nikotin dapat berkurang secara perlahan-lahan. Pada penelitian tahun 2019 sendiri telah ditemukan fakta bahwa kesuksesan orang-orang yang menggunakan rokok elektrik untuk berhenti merokok meningkat dua kali lipat ketika dibandingkan dengan produk pengganti nikotin lainnya. 

Sebagai bagian dari Produk Tembakau Alternatif yang memang diciptakan sebagai bentuk dari mendukung metode harm reduction, rokok elektrik dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Zat-zat berbahaya di dalam rokok konvensional dapat Anda hindari sejak dini jika ingin memutuskan berhenti merokok dengan berpindah ke rokok elektrik.

Baca Juga: Kandungan Asap Rokok dan Risiko yang Ditimbulkan

Apalagi rokok elektrik tidak memproduksi TAR dan karbon monoksida, yaitu zat berbahaya di dalam asap rokok konvensional. Proses memanaskan cairan yang berubah jadi uap membuat rokok elektrik dapat meminimalisir risiko bagi diri sendiri dan orang-orang sekitar Anda.

Pada akhirnya, rokok elektrik dapat menjadi alternatif terbaru bagi Anda yang memang sedang mencari solusi terbaik untuk berhenti merokok. Semoga informasi tentang apakah rokok elektrik aman untuk kesehatan ini dapat menambah informasi Anda agar lebih bijak dalam penggunaan konsumsi tembakau. KABAR sendiri telah memiliki berbagai macam artikel menarik yang dapat Anda baca tentang Produk Tembakau Alternatif agar #JadiLebihPaham.

Share