5 Penyakit Paru-Paru yang Mengintai di Balik Pekatnya Polusi Udara

Kita menghirup udara kotor setiap hari dan polutan yang masuk jauh ke paru-paru kita dapat menyebabkan kerusakan serius pada saluran pernapasan. Menurut sebuah studi baru berjudul State of Global Air 2019, paparan polusi udara luar dan dalam ruangan berkontribusi lebih dari 1,2 juta kematian di India pada 2017.

Data lain oleh Global Burden of Disease 2017 menunjukkan bahwa setiap tiga menit, seorang anak meninggal di India. Pada 2017, sekitar 1.95.546 anak-anak kehilangan nyawa karena polusi udara, yang berarti rata-rata 535 kematian terjadi setiap hari.

Berikut 5 macam penyakit paru-paru yang disebabkan oleh udara tercemar

1. Asma

Asma adalah penyakit kronis pada paru-paru yang menyebabkan peradangan dan penyempitan saluran udara.

Partikel debu, asap, serbuk sari, dan senyawa organik yang mudah menguap memicu serangan asma, tetapi polutan udara luar yang paling umum yang memicu serangan asma termasuk karbon monoksida, ozon, sulfur dioksida, dan nitrogen dioksida. Paparan polutan udara tidak hanya menyebabkan peradangan, tetapi juga mengubah fungsi paru-paru.

2. Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan atau pembengkakan pada saluran bronkial (bronkus), saluran udara antara mulut, hidung dan paru-paru. Paparan debu dan asap dari lingkungan, uap dan polusi udara menyebabkan bronkitis. Menurut sebuah penelitian, nitrogen dioksida luar adalah faktor risiko utama untuk bronkitis kronis di kalangan perempuan.

3. Kanker Paru-paru

Asap rokok adalah penyebab utama kanker paru-paru, namun, asap rokok bukanlah penyebab utama kanker paru-paru. Menurut Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC), polusi udara luar ruangan dan partikel adalah karsinogen bagi manusia.

4. Infeksi pernapasan

Infeksi pernafasan pada anak-anak dan orang dewasa karena paparan prenatal dan perinatal terhadap polutan udara patut menjadi perhatian. yang meningkat.

Menurut sebuah penelitian, polusi udara meningkatkan keparahan infeksi pernapasan pada anak-anak. Polusi udara luar ruangan di kota-kota besar terkait dengan berbagai infeksi pernapasan akut yang menyebabkan hampir sepertiga dari semua kematian pada anak di bawah usia 5 tahun.

5. Emfisema

Emfisema adalah penyakit kronis di mana jaringan paru-paru hancur dan tidak dapat mengangkut oksigen secara efektif ke seluruh tubuh.

Menurut sebuah studi baru yang didanai oleh Institut Nasional Ilmu Kesehatan Lingkungan (NIEHS) dan Institut Jantung, Paru-paru, dan Darah Nasional (NHLBI) menunjukkan bahwa paparan jangka panjang terhadap polusi udara meningkatkan risiko emfisema.

Ayo
Share!
facebook
whatsapp