Mencium Sisa Bau Rokok Juga Berbahaya Bagi Tubuh
Mencium Sisa Bau Rokok Juga Berbahaya Bagi Tubuh

Selama ini kita selalu menganggap hanya rokok yang memberikan efek negatif bagi tubuh. Padahal, asap rokok dan baunya juga berbahaya, tak hanya bagi si perokok, tetapi juga bagi orang lain. Asap rokok dapat menempel pada benda-benda yang ada di sekitar dan meninggalkan bau. Ketika kita menghirup asap rokok tersebut, ternyata juga dapat menimbulkan risiko bagi tubuh. Dengan kata lain, bau rokok juga berisiko membawa bahaya bagi siapa saja yang menciumnya, baik itu pada perokok pasif maupun perokok ketiga (Third-hand Smoke).  

Bau rokok memang kerap kali disepelekan oleh orang-orang karena tidak terlihat dan hanya aromanya saja yang tercium. Berbeda dengan asap rokok yang terlihat di udara. Salah satu penelitian dari Yale University yang dipublikasikan di Jurnal Science Advances menunjukkan jika nikotin dan bahan-bahan lainnya yang terdapat dari rokok bisa ditularkan melalui benda serta pakaian yang terpapar asap rokok. 

Ketika seseorang merokok, asap yang keluar bisa bertahan di udara kurang lebih selama empat jam. Sedangkan jika menempel di permukaan benda akan bertahan hingga berjam-jam bahkan berhari-hari, apalagi kalau benda tersebut tidak segera dicuci atau dibersihkan. Barang-barang pribadi milik perokok aktif, seperti jaket, dompet, dan celana mereka seringkali terpapar asap rokok.

Bau rokok yang tertinggal ini bisa menciptakan senyawa baru yang berbahaya. Ada tiga risiko terbesar yang berbahaya saat sisa bau rokok tercium oleh kita, yaitu bisa menyebabkan risiko penyakit kanker, kerusakan pada organ tubuh, dan risiko diabetes tipe 2. Beberapa kandungan senyawa berbahaya yang tersisa pada bau rokok adalah TAR, Nikotin, Dinitrogen Oksida, Karsinogen, Benzena, Formaldehida, hingga Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAH) yang sangat berbahaya bagi tubuh jika sampai terhirup. PAH ini jika tidak segera dibersihkan, maka kadar zatnya akan semakin meningkat jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. 

Agar terhindar dari akibat mencium sisa bau rokok, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan, mulai dari segera mencuci bersih pakaian yang terpapar asap rokok, rutin membersihkan perabotan rumah tangga, hingga menghindari tempat merokok atau smoking area.

Ayo
Share!
facebook
whatsapp