Dampak Paparan Asap Rokok Terhadap Serangan Asma Pada Anak
Dampak Paparan Asap Rokok Terhadap Serangan Asma Pada Anak

Publikasi ilmiah dengan judul ‘Paparan Asap Rokok Lingkungan Rumah Tangga dan Lama Waktu Serangan Asma Pada Anak’ bertujuan untuk mengetahui apakah paparan dari asap rokok yang ada pada lingkungan rumah tangga dan sekitarnya bisa berpengaruh pada waktu serangan asma atau sering kambuhnya asma pada anak. Studi dilakukan dengan mengambil sampel dari 114 anak dengan kriteria umur 12-18 tahun dan menderita asma berdasarkan rekam medis Januari 2016-Maret 2017 di tiga rumah sakit, yaitu Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Surakarta, RSUD Moewardi Surakarta, dan Balai Kesehatan Paru Klaten. Untuk dapat melihat berapa lama waktu serangan asma pada anak, maka akan dilihat melalui rekam medis sejak awal diagnosa di rumah sakit hingga terjadinya serangan asma.

Berdasarkan hasil medis yang telah direkam dari tiga rumah sakit tersebut, maka hasilnya adalah:

  • Sebagian besar anak yang mengalami serangan asma adalah perempuan dengan usia 14 tahun (56%) dan rentang umur 12-15 tahun (65%).
  • Anak-anak yang masih pelajar, terutama yang masih duduk dibangku SD, SMP, dan SMA bisa mengalami serangan asma lebih sering, yakni sekitar 90% karena mereka lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dibandingkan anak yang sudah sudah menjadi mahasiswa.
  • Anak yang terpapar asap rokok di lingkungan rumah, bisa mengalami risiko asma kambuh dalam jangka waktu kurang dari 3 bulan dengan interval yang sering. Lain halnya dengan anak yang tidak terpapar asap rokok, interval serangan asmanya akan lebih jarang dan risiko asma kambuh asma baru akan terlihat setelah 3 bulan.
  • Anak yang terpapar asap rokok di lingkungan rumah tangga akan mengalami risiko asma kambuh hingga tiga kali lipat dari biasanya.

Paparan asap rokok yang ada di lingkungan rumah memang bisa sangat berbahaya terutama bagi anak-anak yang menderita asma, oleh karena itu sebaiknya hindari merokok di lingkungan rumah. Lebih bagus lagi kalau kamu tidak merokok sama sekali. Dengan begitu, kesehatan seluruh anggota keluarga, terutama anak akan lebih terjaga.

Ayo
Share!
facebook
whatsapp