Apakah Potensi Produk Tembakau yang Dipanaskan untuk Kesehatan Masyarakat?
Apakah Potensi Produk Tembakau yang Dipanaskan untuk Kesehatan Masyarakat?

Produk tembakau yang dipanaskan atau heated tobacco product adalah salah satu jenis produk tembakau alternatif yang tergolong baru dan mulai banyak dikenal masyarakat. Tetapi apakah sebenarnya potensi-potensi yang dimiliki produk tersebut?

Seperti produk tembakau alternatif lainnya, produk tembakau yang dipanaskan merupakan alternatif produk tembakau yang mengandung nikotin tetapi dikonsumsi tanpa melibatkan proses pembakaran sehingga tidak menghasilkan asap seperti rokok konvensional. Tidak seperti rokok elektrik atau vape yang menggunakan e-liquid yang mengandung nikotin, produk tembakau yang dipanaskan menggunakan tembakau asli yang kemudian diproses secara khusus agar dapat menghasilkan uap ketika dipanaskan. Perbedaan dengan rokok elektrik atau vape lainnya adalah pemanas dalam produk tembakau yang dipanaskan tidak dapat dimodifikasi oleh pengguna karena merupakan produk yang terstandarisasi dan hanya akan memanaskan tembakau hingga suhu tertentu.

Lalu mengapa produk tembakau yang dipanaskan memiliki potensi bagi meningkatnya kualitas kesehatan masyarakat? Berdasarkan temuan dari penelitian yang dilakukan oleh Institut Federal Jerman untuk Penilaian Risiko atau German Federal Institute for Risk Assessment (BfR), produk tembakau yang dipanaskan memiliki tingkat toksisitas hingga 80 – 99 persen lebih rendah bila dibandingkan dengan rokok konvensional. Walaupun tidak sepenuhnya bebas risiko kesehatan, produk tembakau yang dipanaskan dapat menjadi alternatif bagi perokok dewasa yang ingin beralih ke produk yang lebih rendah risiko.

Produk tembakau yang dipanaskan tetap mengandung nikotin yang dapat menyebabkan ketergantungan. Namun, tidak seperti TAR dan bahan kimia berbahaya yang dihasilkan dari proses pembakaran pada rokok, nikotin bukan penyebab penyakit berbahaya yang disebabkan oleh rokok. Tanpa adanya proses pembakaran, produk tembakau yang dipanaskan dapat tetap memberikan asupan nikotin bagi para penggunanya tetapi dengan risiko kesehatan yang jauh lebih rendah. Selain itu, proses pemanasan tidak menghasilkan asap seperti rokok yang dapat membahayakan kesehatan orang-orang di sekitar perokok, melainkan menghasilkan uap.

Kelebihan inilah yang menjadikan produk tembakau yang dipanaskan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti Georgetown University Medical Center, Amerika Serikat dan dipublikasikan dalam jurnal Tobacco Control mengutarakan bahwa jutaan nyawa dapat diselamatkan bila perokok dapat beralih ke produk tembakau alternatif. David Levy, peneliti utama dalam studi ini mengutarakan bahwa dalam sebuah analisis mengenai potensi manfaat kesehatan dari berhenti merokok atau mengonsumsi produk tembakau alternatif, para peneliti menemukan sebanyak 6,6 juta orang di Amerika Serikat (AS) dapat terhindar dari kematian dini jika seluruh perokok mau berpindah ke produk tembakau alternatif.

Potensi produk tembakau alternatif seperti produk tembakau dipanaskan ini merupakan hal yang seharusnya mendapat perhatian serius dari pemerintah dan dapat didukung dalam bentuk regulasi yang memastikan akses terhadap produk dan informasi yang akurat berdasarkan kajian ilmiah bagi masyarakat, khususnya para perokok dewasa.

Ayo
Share!
facebook
whatsapp