Paparan terhadap Polusi Udara dan Kesehatan Sistem Pernapasan pada Anak Usia Dini: Studi Kohor pada Ibu dan Anak di Norwegia
Paparan terhadap Polusi Udara dan Kesehatan Sistem Pernapasan pada Anak Usia Dini: Studi Kohor pada Ibu dan Anak di Norwegia

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara paparan terhadap polusi udara level moderat dan infeksi saluran pernapasan bawah dan mengi (wheezing) pada anak usia dini. Temuan-temuan yang dihasilkan dalam penelitian tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Paparan nitrogen dioksida pada level moderat (13.6 μg/m3,pada kisaran 0.01–60.4) di lingkungan perumahan selama masa kehamilan secara statistik tidak memiliki pengaruh pada meningkatnya infeksi saluran pernapasan bawah dan mengi (wheezing) pada anak usia dini.
  • Kenaikan konsentrasi pada nitrogen dioksida hingga 10 μg/m3 secara statistik juga tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan infeksi saluran pernapasan bawah dan mengi (wheezing) pada kelompok bayi di bawah umur 6 bulan dan kelompok bayi berumur 6 hingga 18 bulan. 
  • Penelitian ini berkesimpulan bahwa paparan polusi udara di level rendah hingga moderat tidak memiliki pengaruh pada kesehatan anak usia dini terutama yang berkaitan dengan infeksi saluran pernapasan bawah dan mengi (wheezing). Hal ini memberikan gambaran ambang batas polusi udara yang dapat dikatakan relatif aman ketika memapar ibu hamil dan menyusui serta anak-anak usia dini. Hasil akan berbeda jika dilakukan di daerah-daerah yang memiliki tingkat polusi udara tinggi.
  • Penelitian ini menggunakan alat khusus untuk dapat melihat paparan polusi udara dilihat dari kadar nitrogen dioksida di lingkungan tempat tinggal. Bagi masyarakat umum, mengetahui tingkat paparan polusi udara dapat dilakukan melalui situs atau aplikasi yang mengukur indeks kualitas udara. 

Ayo
Share!
facebook
whatsapp