Apa Kata Pengguna Produk Alternatif?
Apa Kata Pengguna Produk Alternatif?

Maraknya penggunaan produk tembakau alternatif seperti rokok elektrik atau vape dan produk tembakau yang dipanaskan memang telah banyak kita dengar akhir-akhir ini. Lalu apa pendapat mereka yang telah mencoba atau beralih dari perokok menjadi pengguna produk tembakau alternatif?

Berbagai opini dari pengguna produk tembakau alternatif, KABAR dapatkan melalui survei online yang diadakan pada periode 15-30 Agustus 2019 lalu. Banyak dari responden berbagi pengalaman mereka sebagai pengguna rokok elektrik atau vape maupun produk tembakau yang dipanaskan serta sikap mereka terhadap produk tembakau alternatif tersebut. 

Seorang responden menceritakan pengalamannya setelah beralih dari rokok, “Saya telah beralih dari rokok konvensional ke produk tembakau alternatif kurang lebih lima tahun belakangan ini. Sekarang saya tidak perlu khawatir dengan bau asap rokok yang menempel di badan atau baju saya. Perubahan ini sangat penting karena saya lebih tidak khawatir dengan dampaknya bagi saya maupun bagi orang-orang di sekitar saya.”

Seorang responden lainnya menganggap bahwa produk tembakau alternatif merupakan pilihan yang lebih bijak karena menurutnya apa yang akan memapar tubuhnya lebih tidak berisiko daripada rokok. “Saya merasa lebih tidak resah menggunakan produk tembakau alternatif karena produk tersebut tidak menghasilkan TAR dan asap, melainkan uap. Kita tahu bahwa TAR mengandung zat karsinogenik yang merupakan sumber segala penyakit yang ada hubungannya dengan rokok,” lanjutnya.

Serupa dengan pendapat ini seorang responden menyatakan, “Produk tembakau alternatif mengandung zat kimia berbahaya yang lebih rendah daripada rokok. Namun, produk alternatif ini tetap mengandung nikotin yang bikin kita menjadi adiksi. Jika dibandingkan dengan rokok yang mengandun TAR, karbon monoksida, dan nikotin – rokok memiliki zat kimia berbahaya yang lebih banyak.”

Demikian pendapat dari beberapa mantan perokok yang telah berhasil mengurangi risiko kesehatan melalui penggunaan produk tembakau alternatif. Apakah Anda setuju dengan pendapat teman-teman di atas? Apakah Anda ingin mendukung produk tembakau alternatif lebih lanjut dan didengar oleh pemerintah? Dukung petisi yang mendukung adanya regulasi untuk produk tembakau alternatif yang digagas oleh GEBRAK! (Gerakan Bebas TAR dan Asap Rokok) melalui tautan berikut!

Ayo
Share!
facebook
whatsapp