Hasil Survei KABAR: Produk Tembakau Alternatif Perlu Diregulasi
Hasil Survei KABAR: Produk Tembakau Alternatif Perlu Diregulasi

Meningkatnya popularitas produk tembakau alternatif, seperti produk tembakau yang dipanaskan, ternyata membuat masyarakat Indonesia menginginkan adanya dukungan yang tegas dari pemerintah dalam bentuk regulasi. Berbagai opini masyarakat ini merupakan temuan yang ditemukan oleh KABAR melalui survei online yang diadakan pada periode 15-30 Agustus 2019 lalu.

Sebanyak 95 persen responden sepakat bahwa sudah merupakan hak konsumen untuk mendapatkan akses informasi yang akurat mengenai semua produk yang beredar di pasaran agar semua konsumen dapat membuat keputusan yang bijak mengenai konsumsi produk tersebut. Terkait produk tembakau alternatif, sekitar 79 persen responden setuju bahwa seluruh perokok dewasa berhak mendapat informasi yang akurat dan terbukti ilmiah bahwa produk tembakau alternatif, seperti produk tembakau yang dipanaskan, merupakan produk alternatif yang memiliki risiko kesehatan yang lebih rendah bila dibandingkan dengan rokok.

“Produk tembakau yang dipanaskan merupakan bentuk inovasi yang dapat memberikan alternatif pilihan dengan risiko lebih rendah daripada rokok dan perlu didukung,” menurut salah seorang responden. Responden lain berpendapat bahwa produk tembakau alternatif merupakan salah satu solusi untuk menurunkan jumlah perokok aktif di Indonesia. Melihat potensi yang dimiliki oleh produk tembakau alternatif, masyarakat berharap agar pemerintah dapat memaksimalkan potensi dan menentukan dukungan mereka dalam bentuk regulasi. 

Salah seorang responden bahkan berpendapat, “Jika pemerintah peduli akan rakyatnya, mereka seharusnya dapat memfasilitasi regulasi bagi produk tembakau alternatif yang tidak seketat rokok biasa.” Banyak responden juga berpendapat bahwa regulasi yang ada sekarang tidak dapat membantu pengurangan angka perokok di Indonesia.

Untuk dapat memaksimalkan potensi produk tembakau alternatif, seperti produk tembakau yang dipanaskan, terhadap masyarakat, pemerintah seharusnya melakukan kajian mendalam dan memberikan perhatian lebih pada produk ini. 

Ingin suara Anda didengar oleh pemerintah? Dukung petisi yang mendukung adanya regulasi untuk produk tembakau alternatif yang digagas oleh GEBRAK! (Gerakan Bebas TAR dan Asap Rokok) melalui tautan berikut!

Ayo
Share!
facebook
whatsapp