Belajar Dari Kasus Penyalahgunaan Rokok Elektrik di Amerika Serikat
Belajar Dari Kasus Penyalahgunaan Rokok Elektrik di Amerika Serikat

Banyak publikasi negatif terkait produk tembakau alternatif yang muncul akhir-akhir ini, seperti penyalahgunaan rokok elektrik atau vape sebagai alat konsumsi narkoba hingga beberapa kasus kematian yang diakibatkan oleh penggunaan vape di Amerika Serikat. Lalu mengapa hal tersebut dapat terjadi? Apakah produk tembakau alternatif benar-benar berbahaya bagi kesehatan seperti rokok? Bagaimana dengan hasil riset berbagai lembaga kesehatan internasional yang menyatakan bahwa produk tembakau alternatif seperti rokok elektrik dan produk tembakau yang dipanaskan memiliki risiko kesehatan yang lebih rendah dibandingkan rokok?

Setelah meneliti kasus kematian yang terjadi di Amerika Serikat, semua kasus berkaitan dengan penyalahgunaan alat vaping sebagai alat untuk mengonsumsi marijuana atau ganja berbentuk liquid yang banyak dijual di pasar gelap. Berbagai liquid yang mengandung narkoba ini banyak diproduksi oleh industri rumahan dan beredar secara gelap tanpa adanya proses kontrol keamanan dari sisi produksi.

Penyalahgunaan produk seperti ini sangat disayangkan dan menyia-nyiakan potensi yang dimiliki oleh produk tembakau alternatif sebagai salah satu solusi dengan risiko kesehatan yang lebih rendah bagi perokok yang mengalami kesulitan untuk berhenti.

Lalu bagaimana seharusnya kita menyikapi fenomena penyalahgunaan produk tembakau alternatif, seperti rokok elektrik atau vape sebagai alat untuk mengonsumsi narkoba? Keamanan mengonsumsi produk bagi konsumen akan sangat dipengaruhi oleh regulasi-regulasi yang mengatur akses untuk mendapatkan produk, informasi terkait produk, dan pengawasan terhadap produksi, distribusi, dan promosi dari produk tersebut. Penyalahgunaan produk sehingga digunakan sebagai hal ini lah yang seharusnya mendapat perhatian lebih dari pemerintah dalam melihat produk tembakau alternatif mengingat potensi yang dimilikinya sebagai salah satu strategi pengendalian penggunaan tembakau.

Dengan adanya regulasi yang tepat dalam mengatur produk tembakau alternatif, penyalahgunaan alat bantu ini dapat dikurangi, Selain itu, pemerintah akan dapat melindungi perokok dewasa sebagai target konsumen utama produk tembakau alternatif dari sisi keamanan penggunaan produk.

Ingin kasus penyalahgunaan produk tembakau alternatif tidak terjadi di sini? Dukung petisi yang mendukung adanya regulasi tepat untuk produk tembakau alternatif yang digagas oleh GEBRAK! (Gerakan Bebas TAR dan Asap Rokok) melalui tautan berikut!

Ayo
Share!
facebook
whatsapp