Kenapa Produk Tembakau Alternatif Perlu Regulasi yang Tepat?
Kenapa Produk Tembakau Alternatif Perlu Regulasi yang Tepat?

Salah satu tantangan utama bagi perokok untuk berhenti adalah adiksi terhadap nikotin. Oleh karena itu, untuk mendukung upaya pengurangan tingginya angka perokok aktif di Indonesia dibutuhkan strategi alternatif yang dapat memudahkan perokok untuk berhenti atau setidaknya, mengurangi risiko kesehatan yang diakibatkan oleh rokok dengan tetap mempertimbangkan asupan nikotin yang sudah terlanjur menyebabkan kecanduan atau adiksi.

Produk tembakau alternatif adalah produk yang menghilangkan proses pembakaran dari tembakau tetapi tetap dapat menghantarkan nikotin. Perlu diketahui bahwa zat berbahaya yang menyebabkan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan rokok bukanlah nikotin tetapi TAR, senyawa yang dihasilkan dari proses pembakaran rokok. Produk tembakau yang dipanaskan adalah salah satu jenis dari produk tembakau alternatif yang memiliki sensasi penggunaan paling mirip dengan rokok. Digunakan dengan cara dihisap, produk ini menghasilkan uap bukan asap. Produk ini mengeliminasi proses pembakaran tembakau sehingga tidak terjadi proses terbentuknya TAR dan karbon monoksida, kumpulan senyawa berbahaya yang dapat mengakibatkan berbagai penyakit pada rokok. Sehingga, dapat dikatakan bahwa produk tembakau yang dipanaskan memiliki potensi risiko kesehatan lebih rendah.

Lembaga kesehatan pemerintah internasional, seperti Public Health England, Inggris, dalam risetnya menyatakan produk tembakau yang dipanaskan tidak mengalami proses pembakaran sehingga tidak menghasilkan asap dan TAR. Berbagai penelitian lain juga menunjukkan bahwa uap yang dihasilkan produk tembakau yang dipanaskan mengandung lebih sedikit zat kimia berbahaya bila dibandingkan dengan asap rokok. Hasil riset dari lembaga kesehatan pemerintah lainnya seperti Food and Drug Administration, Amerika Serikat, serta Federal Institute for Risk Assessment, Jerman, juga menunjukkan hasil serupa.

Mengapa regulasi yang mendukung produk tembakau alternatif sangat krusial dalam membantu upaya pengendalian penggunaan tembakau di Indonesia? Pertama, adanya regulasi dapat memudahkan akses bagi para perokok dewasa dan memberikan jaminan keamanan dalam penggunaan produk tembakau alternatif. Kedua, regulasi dapat membatasi akses produk tembakau alternatif dan promosinya sehingga produk tersebut tidak dapat dikonsumsi oleh anak-anak di bawah umur.

Produk tembakau alternatif memiliki potensi yang sangat besar dalam membantu perokok dewasa untuk berhenti dengan menggunakan produk dengan risiko kesehatan yang lebih rendah. Dengan melihat berbagai riset-riset independen yang telah dilakukan di berbagai negara, pemerintah seharusnya dapat melihat potensi produk tembakau alternatif ini sebagai salah satu strategi dalam upaya pengendalian tembakau yang dapat berdampak luas bagi kesehatan masyarakat.

Dengan potensi risiko kesehatan yang lebih rendah harusnya produk tembakau alternatif diatur secara tepat berdasarkan kajian ilmiah mendalam. Ingin suara Anda didengar oleh pemerintah? Dukung petisi yang mendukung adanya regulasi untuk produk tembakau alternatif yang digagas oleh GEBRAK! (Gerakan Bebas TAR dan Asap Rokok) melalui tautan berikut!

Ayo
Share!
facebook
whatsapp