Apa Beda Asap Rokok vs Uap Produk Tembakau Alternatif?
Apa Beda Asap Rokok vs Uap Produk Tembakau Alternatif?

Tahukah Anda beda asap rokok jika dibandingkan dengan uap produk tembakau alternatif? Rokok melibatkan proses pembakaran ketika dikonsumsi sehingga, seperti semua proses pembakaran lainnya, menghasilkan asap. Asap yang dihasilkan dari semua proses pembakaran mengandung TAR. TAR adalah kumpulan zat kimia berbahaya yang memicu timbulnya berbagai macam penyakit dari gangguan pernapasan, penyakit jantung, hingga kanker.

Sebaliknya, produk tembakau alternatif seperti produk tembakau yang dipanaskan dan rokok elektrik hanya melibatkan proses pemanasan sehingga menghasilkan uap. Uap tersebut mengandung nikotin yang walaupun tidak sepenuhnya bebas risiko dan dapat mengakibatkan kecanduan, namun bukan merupakan penyebab timbulnya berbagai penyakit yang diakibatkan oleh rokok.

Berdasarkan hasil uji eksperimen yang dilakukan Public Health England (PHE), sebuah divisi dalam Kementerian Kesehatan Inggris menunjukkan bahwa kapas yang terpapar asap rokok berubah menjadi berwarna coklat dan dipenuhi cairan-cairan lengket kehitaman. Sementara, kapas yang terpapar uap produk tembakau alternatif tetap berwarna putih dan sedikit basah karena terpapar uap air. Dalam tinjauan penelitian yang dilakukannya, PHE juga berpendapat bahwa uap yang dihasilkan produk tembakau alternatif, seperti produk tembakau yang dipanaskan dan rokok elektrik atau vape, mengandung 95% lebih sedikit zat-zat kimia berbahaya bila dibandingkan dengan asap rokok. Lihat video eksperimen selengkapnya melalui link ini!

Ayo
Share!
facebook
whatsapp