Apa Bedanya Rokok dan Produk Tembakau Alternatif?

Tidak seperti rokok, produk tembakau alternatif, seperti produk tembakau yang dipanaskan dan rokok elektrik, tidak ada proses pembakaran, sehingga tidak menghasilkan TAR. TAR adalah kumpulan zat berbahaya yang terbentuk dari proses pembakaran dan bertanggungjawab sebagai pemicu berbagai penyakit yang berhubungan dengan rokok. Beberapa kandungan senyawa kimia di dalam TAR bersifat karsinogenik atau merupakan zat yang dapat memicu timbulnya kanker.

Bagaimana dengan produk tembakau alternatif seperti produk tembakau yang dipanaskan dan rokok elektrik? Produk tersebut menggunakan metode pemanasan ketika dikonsumsi sehingga TAR tidak terbentuk. Menurut tinjauan penelitian Public Health England tahun 2018, kandungan senyawa kimia berbahaya yang muncul pada uap hasil proses pemanasan produk tembakau alternatif ini 95% lebih rendah bila dibandingkan dengan rokok.

Produk tembakau alternatif tetap mengandung nikotin. Nikotin adalah zat yang secara alami terkandung di dalam tembakau dan dapat menimbulkan kecanduan tetapi tidak menimbulkan berbagai penyakit yang umumnya disebabkan oleh rokok. Jika Anda adalah perokok dewasa yang mengalami kesulitan untuk berhenti karena kecanduan nikotin, produk tembakau alternatif dapat menjadi alternatif solusi dengan risiko kesehatan yang lebih rendah bila dibandingkan dengan terus merokok.

Ayo
Share!
facebook
whatsapp