Ini Dia Cara Paling Efektif untuk Berhenti Merokok!
Ini Dia Cara Paling Efektif untuk Berhenti Merokok!

Jika Anda atau orang terdekat Anda adalah perokok, Anda mungkin sudah mengetahui atau mencoba berbagai cara untuk berhenti merokok. Apakah Anda berhasil? Jika ya, selamat! Tetapi jika tidak, tahukah Anda bahwa ada satu cara yang paling efektif untuk berhenti merokok?

Berhenti merokok adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Pasalnya, setiap perokok yang berusaha berhenti akan menghadapi nicotine withdrawal atau gejala putus zat nikotin. Gejala putus zat nikotin terjadi karena tubuh dan otak perokok telah memiliki ketergantungan terhadap nikotin yang selama ini ia konsumsi melalui rokok. Saat timbul gejala-gejala putus zat, perokok akan merasakan berbagai kondisi seperti kesulitan tidur, mood swing atau perubahan emosi, rasa lelah berlebih, kesulitan mengingat, dan kesulitan berkonsentrasi. Akibatnya, mereka akan terdorong untuk kembali merokok agar dapat memperoleh asupan nikotin dan menghentikan efek fisik yang mereka hadapi. Nikotin adalah zat yang bersifat adiktif tetapi bukan zat yang menyebabkan berbagai penyakit yang diakibatkan rokok.

Mengingat betapa adikitifnya nikotin, salah satu cara berhenti merokok yang paling efektif adalah dengan beralih ke produk tembakau alternatif seperti rokok elektrik atau vape, nikotin tempel, snus, dan produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar. Mengapa produk tembakau alternatif dianggap efektif sebagai alat bantu untuk berhenti merokok? Sama seperti rokok, produk tembakau alternatif mengandung nikotin. Hanya saja, produk tembakau alternatif menghasilkan nikotin dengan cara memanaskan tembakau, bukan membakarnya. Proses ini membuat produk tembakau alternatif tidak mengandung TAR, kumpulan  senyawa kimia yang dihasilkan dari pembakaran tembakau pada rokok. Berbagai kandungan senyawa kimia dalam TAR adalah faktor pemicu timbulnya penyakit, seperti penyakit jantung, gangguan pernapasan, dan kanker.

Hal ini adalah peran utama produk tembakau alternatif. Dengan kandungan nikotinnya, produk tembakau alternatif dapat memberi perokok akses terhadap nikotin untuk mengatasi craving atau sakau mereka ketika berhenti tanpa membuat perokok terpapar TAR serta kandungan berbahaya lain yang ada di dalam rokok. Lebih jauh lagi, produk tembakau alternatif seperti rokok elektrik, vape, dan produk tembakau yang dipanaskan memiliki cara konsumsi yang paling mirip dengan merokok. Kandungan nikotin dan proses konsumsi ini memudahkan perokok hingga mereka dpat melupakan ketergantungan mereka pada rokok konvensional.

Jika Anda atau orang kesayangan Anda selalu gagal ketika berupaya berhenti merokok maka tidak ada salahnya jika mulai mencoba produk tembakau alternatif sebagai alat bantu untuk berhenti merokok. Tanpa adanya proses pembakaran dan kandungan TAR, Anda tetap dapat mendapatkan asupan nikotin dengan risiko kesehatan yang lebih rendah.

Ayo
Share!
facebook
whatsapp