Perbedaan Dosis, Durasi, dan Bentuk Terapi Pengganti Nikotin untuk Berhenti Merokok
Perbedaan Dosis, Durasi, dan Bentuk Terapi Pengganti Nikotin untuk Berhenti Merokok

Tinjauan literatur sistematis ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas, keamanan dari berbagai bentuk terapi pengganti nikotin, dosis nikotin, serta durasi penggunaan yang dapat mendorong keberhasilan berhenti merokok jangka panjang. Terapi pengganti nikotin yang diteliti di dalam penelitian ini adalah permen, permen karet, dan koyo nikotin. Temuan-temuan yang dihasilkan dalam tinjauan literatur tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan koyo nikotin yang dikombinasikan dengan terapi pengganti nikotin lainnya (seperti permen atau permen karet) dapat meningkatkan keberhasilan merokok hingga 15 persen – 36 persen bila dibandingkan dengan mereka yang hanya menggunakan satu tipe terapi pengganti nikotin saja.
  • Perokok juga akan lebih mungkin berhenti jika mereka menggunakan koyo pengganti nikotin dosis tinggi (koyo yang mengandung 25 mg nikotin dan dipakai 16 jam per hari atau koyo yang mengandung 21 mg dan dipakai 24 jam sehari) bila dibandingkan dengan mereka yang menggunakan koyo dosis rendah (koyo yang mengandung 15 mg dan dipakai 16 jam per hari atau atau koyo yang mengandung 14 mg dan dipakai 24 jam sehari).
  • Mulai menggunakan terapi pengganti nikotin sebelum hari yang ditetapkan untuk berhenti merokok juga dapat meningkatkan keberhasilan terapi bila dibandingkan dengan mereka yang menggunakan terapi pengganti nikotin di hari mereka berhenti merokok.

Ayo
Share!
facebook
whatsapp