Apa yang Terjadi pada Tubuh Kita setelah Vaping atau Merokok selama 1 Bulan?

Seorang YouTuber terkenal, Chris Notap, melakukan eksperimen mengenai apa yang terjadi pada tubuh kita setelah menghisap rokok elektrik atau vape dan membandingkannya dengan yang menghisap rokok selama satu bulan. Videonya ini telah ditonton lebih dari 7,5 juta kali dan mendapat lebih dari 11 ribu komentar sejak pertama kali diunggah pada Maret 2019 lalu.

Dengan menggunakan alat yang dibuatnya sendiri untuk meniru bagaimana paru-paru menghisap dan menghembuskan uap vape dan asap rokok, Chris menguji bagaimana paparan uap dari vape dan asap rokok bereaksi dengan bola-bola kapas di dalam tabung. Chris mengambil rata-rata jumlah liquid vape yang umum dikonsumsi selama satu bulan, yaitu sebanyak 120 ml, dan rokok sebanyak 30 bungkus.

Hasil eksperimen menunjukkan bahwa pada uji paparan yang dilakukan pada rokok, bola-bola kapas berubah warna menjadi cokelat tua dan dipenuhi dengan residu lengket cokelat kehitaman yang juga memenuhi selang-selang tabung. Residu lengket ini adalah hasil pembakaran yang umum kita kenal sebagai TAR. Bayangkan apa yang terjadi pada paru-paru kita jika dipenuhi residu TAR ini! Sebaliknya, pada vape atau rokok elektrik, bola-bola kapas tetap berwarna putih dan sedikit basah yang disebabkan oleh uap air. Selang-selang yang digunakan terlihat bersih dan walaupun sedikit basah, tidak menunjukkan adanya residu apapun. Hal ini disebabkan karena pada vape atau rokok elektrik tidak terjadi proses pembakaran yang menghasilkan TAR. Chris kemudian menyimpulkan bahwa hasil eksperimannya ini menunjukkan, jika dibandingkan dengan rokok, vape atau rokok elektrik jauh lebih tidak berbahaya.

Walaupun Chris Notap mengakui bahwa hasil pengujiannya tidak ilmiah, eksperimen ini hasilnya sama dengan yang uji laboratorium yang lebih ilmiah dan dilakukan oleh para peneliti dari Public Health England. Mau tahu lebih lanjut tentang hasil uji laboratorium mereka yang membandingkan paparan uap vape dan asap rokok? Klik artikel berikut ini!

Ayo
Share!
facebook
whatsapp