Perbandingan Zat Kimia dalam Gas yang Dihasilkan Produk Tembakau yang Dipanaskan Bukan Dibakar dengan Rokok yang Dibakar
Perbandingan Zat Kimia dalam Gas yang Dihasilkan Produk Tembakau yang Dipanaskan Bukan Dibakar dengan Rokok yang Dibakar

Penelitian ini bertujuan untuk memahami zat-zat kimia yang terkandung dalam uap yang dihasilkan pada produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar (heat-not-burn) dengan membandingkannya dengan asap yang dihasilkan dari rokok yang dibakar. Penelitian ini ingin memahami lebih lanjut dampak kesehatan bagi perokok/pengguna pasif yang menghirup gas yang dihasilkan produk HnB dengan meneliti kandungan nikotin, karbon monoksida (CO), dan tobacco-specific nitrosamines (TSNAs) yang dihasilkannya. Temuan-temuan yang dihasilkan dalam penelitian tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Konsentrasi nikotin yang dihasilkan produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar hampir sama dengan yang dihasilkan rokok yang dibakar.

  • Konsentrasi TSNAs yang dihasilkan produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar sekitar satu per lima dari rokok yang dibakar.

  • Konsentrasi CO yang dihasilkan produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar sekitar satu per seratus dari rokok yang dibakar.

  • Dapat disimpulkan bahwa tingkat konsentrasi zat-zat berbahaya dalam uap yang dihasilkan oleh produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan yang terkandung dalam asap yang dihasilkan dari rokok yang dibakar.

  • Walaupun dalam konsentrasi rendah, uap yang dihasilkan produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar masih tetap mengandung zat-zat kimia berbahaya. Hal ini menunjukkan bahwa produk ini tidak sepenuhnya bebas risiko dan paparannya terhadap pengguna pasif tetap harus diperhatikan.

Ayo
Share!
facebook
whatsapp