Mitos vs Fakta tentang Ikan dan Daging Asap: Penyebab Kanker?

Masih ingat tentang artikel pembahasan mengenai bahaya mengonsumsi daging asap? Konsumsi ikan atau daging asap memiliki berbagai risiko kesehatan, seperti kanker paru-paru, kanker kulit, kanker payudara, hingga kandung kemih. Salah satu penyebab utamanya adalah kandungan zat polycylic aromatic hydrocarbons (PAHs) yang terkandung dalam asap hasil pembakaran.

Walaupun banyak penelitian yang telah menyimpulkan berbagai risiko kesehatan dari asap hasil pembakaran yang menempel pada bahan makanan, masih banyak yang sulit memercayai mengapa daging asap mempunyai risiko kesehatan ketika dikonsumsi. Salah satu argumen yang paling sering digunakan adalah karena metode pengasapan merupakan salah satu metode pengawetan makanan yang sudah dilakukan sejak jaman nenek moyang kita dulu.

Mitos lainnya adalah makanan yang diproses dengan pengasapan baik untuk kesehatan tulang. Apakah benar? Yuk, simak penjelasan dari dr. Ida Gunawan, SpGK mengenai mitos vs fakta mengenai pengasapan ikan dan daging dalam video berikut!

Ayo
Share!
facebook
whatsapp