Dampak Negatif Thirdhand Smoke bagi Kesehatan: Dari Sel-Sel Manusia Hingga Binatang
Dampak Negatif Thirdhand Smoke bagi Kesehatan: Dari Sel-Sel Manusia Hingga Binatang

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana dampak Thirdhand Smoke (THS) atau residu asap rokok dengan melakukan uji paparan THS pada sampel sel-sel tubuh manusia dan tikus. Temuan-temuan yang dihasilkan dalam penelitian tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Seperti paparan Secondhand Smoke (SHS), THS mengandung banyak zat-zat yang bersifat toksik dan karsinogenik, seperti tobacco-specific nitrosamines (TSNAs) dan volatile organic compounds (VOCs). Zat-zat yang bersifat toksik ini memiliki kapasitas untuk merusak DNA.
  • Paparan terhadap THS memicu putusnya rantai DNA pada sel-sel manusia dan memicu kerusakan DNA baik pada sel-sel manusia maupun pada sel-sel tikus. Berbagai perubahan pada DNA ini adalah salah satu penyebab utama timbulnya kanker.
  • Uji pada sel-sel tikus menunjukkan bahwa paparan terhadap THS memengaruhi ketahanan sel dan kemampuan sel dalam beregenerasi.
  • Paparan terhadap THS pada anak tikus memengaruhi berkurangnya berat badan secara signifikan dan perkembangan sistem imunitas dalam jangka panjang. Temuan ini menunjukkan adanya potensi bahaya dari paparan THS pada bayi dan anak-anak.

Ayo
Share!
facebook
whatsapp