Lindungi Diri dari Polusi Udara!
Lindungi Diri dari Polusi Udara!

Frasa "polusi udara" tentu sudah akrab di telinga dan sering kita dengar. Apalagi beberapa tahun terakhir, semakin banyak hasil penelitian yang menyimpulkan bahwa peningkatan polusi udara di kota-kota besar berada pada tingkat yang mengkhawatirkan. Bahkan, WHO melaporkan bahwa 4,2 juta orang meninggal setiap tahunnya karena terpapar polusi udara di luar ruangan. Meski polusi udara di Indonesia belum separah di Republik Rakyat Tiongkok ataupun India, partikel-partikel debu dari polusi udara di Indonesia tetap berpotensi menyebabkan penyakit paru-paru jangka panjang, kanker, asma, alergi, iritasi, serta mempercepat pembentukan plak yang menyumbat pembuluh darah koroner di jantung.

Lalu, bagaimana cara kita melindungi diri sendiri dan orang tersayang dari polusi udara?

1. Cek kualitas udara di luar rumah

Mulailah membiasakan untuk mengecek Air Quality Index (AQI) atau Indeks Kualitas Udara yang dikeluarkan oleh lembaga resmi atau pemerintahan, salah satunya melalui tautan ini secara rutin. Informasi yang didapat bisa menjadi panduan untuk mengatur aktivitas pada hari tersebut agar kita bisa menghindari paparan terhadap polusi udara dalam tingkatan tinggi. 

2. Bersihkan rumah secara rutin

Tanpa kita sadari, lantai dan perabotan di rumah dapat menjadi tempat berkumpulnya debu serta bahan kimia dan alergen yang terdapat di udara. Dengan membersihkan rumah menggunakan vakum yang mengandung filter HEPA secara rutin, kita dapat mengurangi debu serta kotoran di dalam rumah dan meminimalisir risiko penyakit.

3. Jaga kelembaban udara di dalam rumah

Gunakan humidifier untuk menjaga kelembaban udara di rentang 30  - 50 persen. Menurut Environmental Protection Agency, Amerika Serikat, kadar tersebut terbukti efektif mengendalikan alergen dan pemicu penyakit pernapasan, serta membuat rumah nyaman dihuni.

4. Pakai masker di luar rumah

Mulailah kebiasaan untuk selalu memakai masker saat keluar rumah, tidak hanya saat sakit. Masker dapat membantu menyaring udara yang dihirup sehingga menghalangi masuknya debu polusi udara ke saluran pernapasan dan menghindarkan paru-paru kita dari penyakit.

Meski langkah-langkah tersebut terdengar mudah, perlu disiplin dan komitmen yang tinggi untuk melakukan semuanya secara rutin. Mulai sekarang, ayo biasakan diri untuk selalu melakukan empat hal di atas agar kita dan orang tersayang selalu terlindungi dari bahaya polusi udara.

Ayo
Share!
facebook
whatsapp