Ingin Tetap Cantik Meski Sering Memasak? Ini Caranya!
Ingin Tetap Cantik Meski Sering Memasak? Ini Caranya!

Walau terlihat tidak berbahaya, asap dapur ternyata mengandung berbagai zat kimiawi yang dapat menyebabkan flek hitam pada wajah, mengikis kelembaban alami kulit, membuat kulit wajah kering dan kusam, serta menimbulkan jerawat dan tanda-tanda penuaan dini. Untungnya, kita tidak perlu serta-merta berhenti total memasak atau menolak masuk dapur. Ada cara-cara praktis untuk merawat kulit yang mudah dilakukan agar kulit tetap cantik meskipun sering memasak.

1. Gunakan sunblock atau tabir surya

Sunblock atau tabir surya tidak hanya melindungi kulit wajah dari pengaruh buruk matahari, tapi juga dari panas kompor dan asap dapur hasil proses memasak yang dibakar yang dapat menyebabkan flek serta penuaan dini jika digunakan sebelum dan saat memasak. Jika profesi Anda kebetulan berhubungan dengan makanan sehingga menuntut Anda untuk berada di depan kompor dan di dalam dapur dalam waktu lama, sebaiknya pakai tabir surya tiga sampai empat kali setiap harinya agar kulit wajah terhindar dari flek hitam. 

2. Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang terbukti ampuh menjaga keremajaan kulit. Asupan buah dan sayur dengan berbagai variasi akan mencegah kerusakan kulit serta menghindarkan kulit wajah dari terlihat kusam akibat paparan asap dapur yang berlebihan.

3. Minum air putih

Konsumsi air putih yang rutin dan cukup akan meningkatkan aliran darah ke kulit sehingga merangsang regenerasi kulit yang lebih sehat. Tanpa asupan air yang cukup, kulit wajah yang sudah dirusak oleh paparan asap dapur akan terlihat semakin kusam, kering, dan tidak bercahaya.

4. Gunakan pelembab

Salah satu bahaya utama dari asap dapur hasil proses memasak yang dibakar adalah pengikisan kelembaban alami kulit. Sementara, pelembab, baik untuk wajah maupun tubuh, memiliki fungsi utama untuk menjaga kehalusan dan kelembaban kulit. Jika digunakan secara teratur, pelembab kulit dapat melawan efek negatif asap dapur dan menghindarkan kulit dari kerusakan.

5. Mandi setelah beraktivitas

Setiap selesai memasak, segeralah mandi dan membersihkan diri serta wajah. Dengan begitu, polutan dari asap dapur hasil proses memasak yang dibakar yang menempel di wajah dan kulit dapat segera disingkirkan sebelum terserap ke dalam lapisan epidermis dan menyebabkan kerusakan permanen. Gunakan juga sabun dan pembersih wajah yang sesuai dengan kebutuhan, agar kulit wajah tetap lembab dan terawat.

Ternyata, tidak terlalu sulit kan merawat kesehatan kulit dan wajah, kan? Jika dilakukan secara rutin, tentunya kita akan tetap cantik walaupun sering memasak dengan proses pembakaran!  

Sumber:
https://drwskincare.id
https://lifestyle.kompas.com 

Ayo
Share!
facebook
whatsapp