Hindari Bahaya Asap Kembang Api
Hindari Bahaya Asap Kembang Api

Tanpa kita sadari, asap kembang api dapat menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan. Apalagi ketika diadakan pesta kembang api dalam skala besar dan waktu yang berdekatan, seperti saat perayaan malam tahun baru. Gangguan pernapasan, iritasi mata, hingga iritasi kulit dapat terjadi jika kita tidak berhati-hati. Jika Anda berencana menghadiri pesta kembang api atau menyalakan kembang api untuk perayaan pribadi, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko kesehatan akibat asap kembang api.

Pertama, gunakan tabir surya untuk melindungi kulit walaupun memang kegiatan perayaan kembang api dilakukan malam hari. Kandungan dalam tabir surya sangat baik untuk mengurangi atau mencegah dampak buruk polusi udara pada kulit, termasuk polusi udara yang disebabkan oleh residu bahan bakar dan pewarna dalam asap kembang api. Kedua, gunakan masker untuk menyaring udara sehingga Anda tidak menghirup terlalu banyak polusi udara saat menonton pesta kembang api. Pastikan Anda menggunakan masker yang dapat menyaring partikel halus hingga ukuran PM 2,5. Ketiga, usahakan untuk berdiri di titik yang melawan angin sehingga mengurangi paparan partikel polusi yang terkandung di udara.

Jika Anda berniat menyalakan kembang api untuk perayaan pribadi, hindari menyalakan kembang api di tempat tertutup dan tanpa ventilasi yang layak yang akhirnya akan mengurung asap kembang api serta kandungan polutan, sehingga menyebabkan konsentrasi polusi udara yang tinggi. Akibatnya, saluran pernapasan akan terpapar polusi udara dengan konsentrasi tinggi sehingga lebih berisiko mengalami gangguan. Hindari juga kembang api genggam yang sering kita beli di pinggir jalan, apalagi untuk dimainkan oleh anak-anak. Pengguna kembang api genggam akan terpapar asap kembang api dalam jarak dekat, sehingga tentunya berisiko menghirup asap kembang api dalam jumlah lebih banyak.

Selain itu, penting juga untuk melindungi diri dari dalam dengan mengonsumsi Omega 3 untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular akibat paparan polusi udara. Asupan Vitamin B6, Vitamin C, dan Vitamin E juga sangat penting sebagai antioksidan yang efektif mengurangi kerusakan sel dan membantu tubuh melawan infeksi. Dengan persiapan dan langkah pencegahan yang tepat, kita dan orang-orang tersayang akan dapat menikmati indahnya kembang api dengan risiko kesehatan seminimal mungkin.

Sumber:
https://www.liputan6.com/health/
https://theconversation.com

Ayo
Share!
facebook
whatsapp