Pengurangan Risiko dan Pengendalian Tembakau: Mengubah Pandangan Masyarakat tentang Nikotin untuk Menyelamatkan Nyawa lebih Cepat
Pengurangan Risiko dan Pengendalian Tembakau: Mengubah Pandangan Masyarakat tentang Nikotin untuk Menyelamatkan Nyawa lebih Cepat

Tim peneliti dari berbagai universitas di Amerika Serikat melakukan tinjauan penelitian untuk memahami potensi Alternative Nicotine Delivery Systems (ANDS) atau produk penghantar nikotin alternatif dalam upaya pengendalian tembakau. Lebih dari 140 penelitian terkait rokok elektrik, produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar, koyo nikotin, tembakau hisap, dan berbagai ANDS lainnya dianalisa dalam tinjauan penelitian ini. Tim peneliti kemudian menarik kesimpulan dan memberikan rekomendansi sebagai berikut:

  • Produk yang mengandung nikotin dapat diklasifikasikan berdasarkan tingkat risikonya bagi kesehatan, dari yang sangat berbahaya seperti rokok sampai ke yang lebih rendah risiko seperti produk penghantar nikotin yang tidak dibakar, baik yang mengandung tembakau (contoh: rokok elektrik, produk tembakau dipanaskan bukan dibakar, atau tembakau hisap) maupun yang tidak mengandung tembakau (contoh: koyo nikotin, inhaler nikotin). 
  • Produk mengandung nikotin yang tidak dibakar memiliki dampak positif bagi kesehatan masyarakat karena memiliki risiko kesehatan yang lebih rendah dibandingkan rokok konvensional.
  • Karakteristik produk mengandung nikotin yang berpotensi untuk menggantikan rokok konvensional adalah produk yang lebih rendah risiko kesehatan, memiliki daya tarik bagi perokok, dan dapat mencukupi kebutuhan asupan nikotin.
  • Masyarakat harus mendapatkan edukasi yang akurat terkait perbedaan risiko produk yang mengandung nikotin dengan rokok konvensional.
  • Strategi pengendalian tembakau harus mengadopsi pendekatan pengurangan risiko dalam merancang regulasi, kebijakan, dan intervensi yang terkoordinasi agar dapat membuat perokok beralih ke produk penghantar nikotin yang lebih rendah risiko.
  • Pendekatan pengurangan risiko merupakan pendekatan yang terbukti efektif dalam pengendalian tembakau. Jika diterapkan, penggunaan produk tembakau alternatif dapat menjadi strategi pengendalian tembakau yang dapat membantu perokok untuk dapat berhenti. Sehingga, pendekatan ini dapat menyelamatkan nyawa banyak orang dan berdampak positif bagi kesehatan masyarakat.

 

Ayo
Share!
facebook
whatsapp