Evaluasi Emisi dari Pembakaran Sampah Rumah Tangga di dalam Tong
Evaluasi Emisi dari Pembakaran Sampah Rumah Tangga di dalam Tong
Eksperimen yang merupakan bagian dari riset Environmental Protection Agency, Amerika Serikat ini bertujuan untuk mengukur emisi dari pembakaran sampah rumah tangga yang dilakukan di dalam tong. Eksperimen dilakukan dengan membandingkan sampah rumah tangga yang telah dipilah dari bahan-bahan yang dapat didaur ulang dan sampah rumah tangga yang tidak dipilah. Beberapa poin hasil eksperimen tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Emisi pembakaran sampah rumah tangga menghasilkan senyawa Volatile Organic Compounds (VOCs) dan Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAHs). Senyawa ini merupakan senyawa yang memberikan dampak negatif dan dapat memicu kanker. Pada sampah yang dipilah, kadar VOCs mencapai 2.052.500 sedangkan PAHs 23.974,7 untuk setiap μg/kg sampah yang dibakar. Kadar ini lebih rendah daripada sampah yang tidak dipilah, kadar VOCs dapat mencapai 4.277.500 dan PAHs 66.035,65.
  • Jika dibandingkan dengan fasilitas pengelolaan sampah yang menggunakan mesin pembakar sampah (incinerator) beroperasi penuh, emisi polutan berbahaya yang dihasilkan incinerator jauh lebih rendah. Kadar VOCs yang dihasilkan adalah 1,17 sedangkan PAHs adalah 16,58 untuk setiap μg/kg sampah yang dibakar.

Ayo
Share!
facebook
whatsapp