Emisi Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAHs) dan Potensi Karsinogenik dari Proses Memasak pada Udara Perkotaan
Emisi Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAHs) dan Potensi Karsinogenik dari Proses Memasak pada Udara Perkotaan
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana kontribusi memasak pada kandungan senyawa Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAHs) pada udara perkotaan. Salah satu senyawa PAHs yang merupakan pemicu kanker yang kuat adalah benzo[a]pyrene. Poin-poin dalam penelitian ini diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Penelitian ini menemukan bahwa tingkat emisi total PAHs yang dihasilkan dari proses memasak baik dari restoran dan dapur rumah tangga adalah 8.975 kg/tahun. Jumlah ini jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan tingkat emisi total PAHs yang diakibatkan lalu lintas yaitu 13.500 kg/tahun.
  • Walapun tingkat emisi total PAHs jauh lebih rendah, kadar benzo[a]pyrene yang dihasilkan dalam proses memasak adalah 675 kg/tahun. Jumlah ini jauh lebih tinggi bila dibandingkan kadar benzo[a]pyrene yang diakibatkan lalu lintas yaitu 61,4 kg/tahun.
  • Temuan penelitian menunjukkan bahwa proses memasak tidak berkontribusi setinggi lalu lintas dalam total emisi PAHs yang dihasilkan. Tetapi, emisi PAHs dari proses memasak dapat menyebabkan dampak kesehatan yang lebih serius jika dilihat dari potensi karsinogenik yang ditimbulkan.

Ayo
Share!
facebook
whatsapp