Menghindari Vapor agar Tidak Meledak
Menghindari Vapor agar Tidak Meledak

Kasus meledaknya vapor sebenarnya sangat jarang. Tetapi risiko itu tetap ada, hingga Anda memang tetap harus berhati-hati.

Vape atau vapor pada dasarnya adalah perangkat elektronik dan mengandung baterai. Bagian inilah yang biasanya meledak. Sehingga memperlakukan baterai vape secara benar menjadi kunci penting untuk menghindari masalah tersebut. Berikut beberapa trik penting untuk menghindari insiden vapor meledak.

Jenis mod

Mod merupakan bagian yang paling riskan dari sebuah vapor, hal ini disebabkan karena mod merupakan bagian yang memiliki komponen listrik dan juga sumber energi yang digunakan untuk menghidupkan vapor. Hal ini menyebabkan bagian ini menjadi bagian yang paling berbahaya di dalam vapor. Oleh karena itu ketika anda akan membeli mod anda tidak boleh sembarangan dalam membelinya.

Untuk membeli mod untuk vapor pastikan bahwa mod yang anda pilih tersebut merupakan mod yang berkualitas. Kualitas mod yang anda pilih bisa dilihat dari brand mod yang populer. Harga mod yang bisa anda dapatkan dari brand mod yang sudah jelas memang sedikit banyak lebih mahal, akan tetapi anda bisa mendapatkan kualitas mod yang lebih baik sehingga menghindarkan anda dari kecelakaan seperti vapor yang meledak.

Jangan gunakan sembarang baterai

vape batteries

Gunakan baterai standar yang sudah ditentukan dalam spesifikasi vapor. Jangan menggunakan sembarang baterai atau tertipu memilih baterai yang tidak original. Jadi pastikan bahwa ketika membeli baterai, maka dilakukan dengan benar.

Jangan biarkan baterai sampai habis

Perhatikan kondisi baterai saat digunakan. Ketika sudah menipis maka sebaiknya jangan dipaksakan untuk digunakan. Apalagi memaksa baterai hingga 0%. Saat baterai dalam keadaan benar-benar kosong akan ada beberapa sel baterai yang rusak dan tidak bisa terisi lagi.

Jangan Mengisi Baterai Terlalu Lama

Terlalu lama mengecas baterai juga tidak bagus. Kadang orang mengisi baterai hingga semalam penuh ketika ditinggal tidur. Ini akan memaksa baterai mendapat pasokan melebihi kapasitasnya. Yang tidak hanya merusrak sel baterai tetapi juga bisa menjadi penyebab meledaknya baterai.

Gunakan settingan yang wajar

Jangan menggunakan ukuran watt yang berlebihan atau maksimal. Ambil ukuran yang wajar-wajar saja. Ini akan menjadikan baterai bekerja tidak terlalu keras.

Berhenti saat panas

Ketika vapor sudah terasa panas. Maka berhentikan melakukan firing dan matikan vapor sampai dingin. Setelah itu baru gunakan lagi.

Jangan mengisi baterai sambil dihisap

Saat mengecas Vape sambil menggunakannya maka baterai akan kebingungan dalam mengatur/menentukan arus yang masuk dan arus yang keluar , sehingga jika hal ini terjadi terus menerus akan membuat Vape yang kalian miliki meledak.

Bersihkan secara teratur

vape cleaning

Meski tidak secara langsung mencegah baterai meledak, pembersihan vape secara teratur menjadi hal yang penting. Lakukan recoil secara rutin setidaknya tiga hari sekali atau lebih cepat jika penggunaan lebih sering.

 

Berbagai Sumber
Insert image by:
Vape kit: Meganlau2017 - Own work, CC BY-SA 4.0, Link
Batteries: vaping411.com

Ayo
Share!
facebook
whatsapp