Acara sebelumnya
08 September 2019
VAPE Fair 2019 : GEBRAK! Talk Show
Jakarta

Dalam talkshow ini, GEBRAK! mengajak seluruh peserta yang berpartisipasi di acara Vape Fair Jakarta 2019 untuk mendukung gerakan sosial ini dalam upaya peningkatan kesadaran publik mengenai bahaya asap rokok dan TAR serta solusi yang diyakini dapat mengurangi masalah rokok di Indonesia.

GEBRAK! juga mengharapkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, baik dari produsen, konsumen, hingga pemerintah untuk saling bahu-membahu dan bekerja sama dalam upaya pencegahan penyelahgunaan produk tembakau alternatif di Indonesia.

Tanggal, Tempat:
Minggu, 8 September 2019
Main Stage. Exhibition Hall B Senayan. Jakarta Convention Center

29 Agustus 2019
THE 3rd Asia Harm Reduction Forum Seoul 2019
Seoul

Sejak diadakan pertama kali pada November 2017 di Jakarta, Asia Harm Reduction Forum telah menjadi sebuah wadah bagi kalangan praktisi kesehatan, pembuat kebijakan, akademisi, dan konsumen di Asia Pasifik untuk membahas strategi pengurangan bahaya tembakau.

Terdapat urgensi yang dirasakan bagi negara-negara di Asia untuk memahami pengurangan bahaya tembakau sebagai salah satu solusi bagi perokok yang mengalami kesulitan dalam mengatasi kecanduan terhadap rokok konvensional.

Tanggal, Tempat:
Kamis, 29 Agustus 2019
GLAD Yeouido Hotel,
Seoul, Korea.

Info lebih lanjut: https://asiaharmreductionforum.com/

09 April 2019
Peluncuran Gerakan Bebas TAR dan Asap Rokok (GEBRAK!)
Jakarta

peluncuran gebrak

Solusi atas permasalahan terkait rokok memerlukan peran aktif dari semua pihak. Sebab, berbagai pendekatan parsial yang selama ini dilakukan terbukti belum efektif mengurangi tingkat konsumsi rokok di Indonesia. Mencermati kondisi tersebut, Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI), Asosiasi Vaper Indonesia (AVI), Asosiasi Vaporizer Bali (AVB), dan Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP) Indonesia membentuk gerakan sosial bernama Gerakan Bebas TAR dan Asap Rokok (GEBRAK!). Gerakan ini digagas sebagai bentuk kepedulian terhadap bahaya kesehatan dari asap hasil pembakaran yang tidak sempurna, seperti pembakaran rokok.

 

Hari dan Tanggal : Selasa, 9 Aril 2019

Waktu : 10.30 – 13.30 WIB

Tempat : Tjikini Lima Restaurant & Café

Jl. Cikini 1 No.5, RT.13/RW.5, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330

 

Narasumber:

  • Aryo Andriyanto, Ketua Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) dan Anggota Gerakan Bebas TAR dan Asap Rokok (GEBRAK!)
  • Dr. drg. Amaliya, MSc., PhD, Peneliti Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP), Ketua Koalisi Indonesia Bebas TAR (KABAR), dan Anggota Gerakan Bebas TAR dan Asap Rokok (GEBRAK!)
  • dr. Mariatul Fadilah, MARS, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Kedokteran Komunitas dan Kesehatan Masyarakat Indonesia (PDK3MI) dan Anggota Koalisi Indonesia Bebas TAR (KABAR)
28 Maret 2019
Diskusi Publik "Pengurangan Bahaya Tembakau dalam Perspektif Sains, Kebijakan dan Regulasi"
Jakarta

pengurangan bahaya tembakau

Sejumlah kebijakan telah dilakukan dalam mengatasi permasalahan rokok di Indonesia. Upaya yang telah dilalui diantaranya melalui edukasi, regulasi, metode berhenti merokok seperti layanan dan klinik konseling. Namun, pada kenyataannya tingkat perokok di Indonesia tidak mengalami penurunan.

Hal ini tercermin pada Data Kementerian Kesehatan, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yang menjelaskan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah perokok aktif terbesar dan prevalensi perokok di Indonesia memiliki tren yang cenderung meningkat dari 27 persen pada tahun 1995 menjadi 33,8 persen pada tahun 2018. Hal ini mengindikasikan bahwa Indonesia mengalami darurat rokok.

Melihat kondisi ini, Koalisi Indonesia Bebas TAR (KABAR) bekerjasama dengan Center for Healthcare Policy and Reform Studies (CHAPTERS) menggelar diskusi publik dengan tema Pengurangan Bahaya Tembakau dalam Perspektif Sains, Kebijakan dan Regulasi. Diskusi ini akan menjelaskan mengenai konsep pengurangan bahaya tembakau sebagai salah satu solusi untuk mengetasi masalah rokok di Indonesia.

Terkait dengan diskusi publik tersebut, kami turut mengundang rekan jurnalis untuk hadir pada kegiatan yang akan diselenggarakan pada:

Hari dan Tanggal : Kamis, 28 Maret 2019

Waktu : 09.00 – 13.00 WIB

Tempat : Hotel JS Luwansa

Narasumber:

  • Prof. Dr. drg. Achmad Syawqie, Pembina Koalisi Indonesia Bebas TAR
  • Lutfi Mardiansyah, Ketua dan Pendiri Center for Healthcare Policy and Reform Studies (CHAPTERS)
  • Dr. drg. Amaliya, Peneliti Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik
  • Prof. Dr. Lukman Hakim, MSi, Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia & Himpunan Peneliti Indonesia
  • Dr. dr. Ardini Raksanagara, MPH, Dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Padjadjaran
  • Ariyo Bimmo, SH, LLM, Ahli Hukum Independen
  • Dr. Adik Wibowo, Guru Hukum Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Cut Ariane / Fidiansjah

Key Note Speech dan Moderator: Prof. Tikki Pangestu, Visiting Professor Lee Kuan Yew School of Public Policy National University of Singapore

15 November 2018
E-Cig Summit London
London

E-Cigatette Summit

Sejak diadakan pada November 2013, E-Cigarette Summit telah menjadi tempat yang netral bagi para ilmuwan, pembuat peraturan, serta profesional di bidang kesehatan untuk berkumpul dan berdiskusi tentang temuan terkait rokok elektronik dan dampaknya.

(https://www.e-cigarette-summit.com)

15 November 2018
2nd Asia Harm Reduction Forum Manila
Manila

Asia Harm Reduction Forumm

Asia Harm Reduction Forum adalah tempat diskusi dan berkumpul bagi para praktisi kesehatan, pembuatan regulasi, akademisi, dan konsumer di Asia dan Pasifik terkait isu pengurangan bahaya tembakau (tobacco harm reduction).

(http://asiaharmreductionforum.com)

31 Oktober 2018
KABAR Roadshow
Yogyakarta

Roadshow Yogyakarta

KABAR akan mengunjungi Yogyakarta pada minggu terakhir Oktober. Yuk, ajak teman dan kerabatmu untuk berdiskusi lebih lanjut tentang konsep harm reduction serta bahaya TAR.

22 September 2018
KABAR Roadshow
Palembang

KABAR Roadshow akan diadakan pada minggu ketiga bulan September.